Beranda > Tak Berkategori > PEMBUATAN APLIKASI ENTERPRISE INFORMATION PORTAL DI ADZ-DZIKR EDUTAINMENT BANDUNG

PEMBUATAN APLIKASI ENTERPRISE INFORMATION PORTAL DI ADZ-DZIKR EDUTAINMENT BANDUNG

Januari 8, 2010

Lembaga Adz-Dzikr Edutainment merupakan salah satu induk Training Motivation Spiritual, dirasakan perlu memiliki sebuah sistem data mengenai segala bentuk informasi program – program pelatihan yang dilakukan agar dapat memberikan kepuasan bagi para pengunjung atau tamu. Sistem data tersebut, haruslah memiliki keakuratan data serta kemudahan pengaksesan data.

Penulisan tugas akhir ini menggunakan siklus hidup pengembangan sistem informasi dengan menggunakan metoda pengembangan framework Zachman. Metode yang digunakan dalam penulisan ini dengan menggunakan alat pemodelan berupa Flow Map (Bagan Alir Dokumen), UML (Unified Modeling Language) dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dan wawancara. Sedangkan alat pengembangan aplikasi database menggunakan SQL Server 2000 dan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP 5.0 dan Visual Studio.NET 2003.

Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah Aplikasi Enterprise Information Portal Adz-Dzikr Edutainment Bandung yang dibangun secara Online yang dapat mendukung dan memberikan kemudahan segala aktivitas pengguna dalam melakukan pemrosesan data yang diinginkan yang secara fungsional dapat digunakan sebagai sistem training dan manajemen data yang diinginkan pengunjung agar dapat saling berinteraksi dan bertukar pendapat melalui media knowledge management yang disimpan dalam penerapan aplikasi ini. Aplikasi Enterprise Information Portal Adz-Dzikr Edutainment Bandung secara Online ini juga dapat memberikan kemudahan bagi pihak atau karyawan di Adz-Dzikr Edutainment dalam mengelola data yang diinginkan, sehingga dapat memberikan kemudahan pengguna dalam melakukan aktivitas yang bersangkutan di Adz-Dzikr Edutainment.

Enterprise Information Portal (EIP) merupakan portal yang dirancang untuk proses B2E (Business to Employee), komunitas dan aktivitas untuk meningkatkan akses, prosesing, dan pembagian informasi yang terstruktur dan tak terstruktur di dalam dan lintas perusahaan. EIP juga merupakan proses, aliran pekerjaan, kolaborasi, manajemen isi (content management), aplikasi perusahaan, dan business intellegent. EIP menyediakan akses pada tipe lain dari portal, seperti portal E-bisnis, portal pribadi, dan portal masyarakat.

Sebuah kumpulan departemen atau kelompok portal dalam sebuah portal yang bergabung menjadi satu dikenal sebagai federasi portal. EIP juga menyediakan akses pada isi suatu sindikat dimana didefinisikan sebagai informasi eksternal, dari sumber tunggal maupun beragam, yang dikelola oleh pihak ketiga.

Pengembangan perangkat lunak Enterprise Information Portal menjadi salah satu media pemenuhan kebutuhan informasi internal maupun eksternal bagi pengguna. Kebutuhan informasi eksternal yang diperlukan oleh tingkat eksekutif memang tidak memiliki persentase sebesar kebutuhan informasi internal perusahaan. Akan tetapi, apabila hal tersebut dapat terpenuhi dengan baik maka akan mempengaruhi keputusan strategis yang akan diambil oleh eksekutif. Selain menjadi media informasi, Enterprise Information Portal juga menjadi media komunikasi bagi penggunanya.

Dengan itu, Lembaga Adz-Dzikr Edutainment yang merupakan salah satu induk Training Motivation Spiritual dirasakan perlu memiliki sebuah sistem data mengenai manajemen dan segala bentuk informasi program-program pelatihan yang dilakukan agar dapat memberikan kepuasaan bagi para pengunjung atau tamu. Sistem data tersebut, haruslah memiliki keakuratan data serta kemudahan pengaksesan data.

Informasi-informasi yang dibutuhkan tersebut berdasarkan sumbernya dapat terbagi atas dua macam yaitu sumber informasi internal dan sumber informasi eksternal. Untuk sumber informasi eksternal akan lebih mengarah ke kondisi di luar perusahaan seperti iklim politik, kondisi sosial, ekonomi hingga kondisi perusahaan lain sebagai kompetitor utama dalam peta persaingan pasar termasuk dalam induk training yang ada pada lembaga ini.

Informasi eksternal tersebut dapat dikelola, diatur dan disajikan dalam sebuah media aplikasi yang disebut dengan Enterprise Information Portal Adz-Dzikr Edutainment. Aplikasi ini mampu mengatasi kurangnya standar informasi kepada eksekutif sekaligus menjadi bahan utama pengambilan keputusan yang mampu merespon perubahan kondisi lingkungan baik di dalam maupun di luar kondisi lingkungan perusahaan. Meskipun dalam kenyataannya kebutuhan informasi eksternal oleh tingkat eksekutif memiliki presentase nilai terkecil namun dengan adanya portal ini dapat memberi arti penting dalam pengambilan keputusan sehingga perusahaan mampu bersaing dengan para kompetitor.

Selain menjadi media informasi, Aplikasi portal ini juga dapat meningkatkan komunikasi, pertukaran informasi dan kolaborasi baik dengan pihak manajemen maupun dengan partner bisnis perusahaan karena dilengkapi dengan fitur integrasi antar muka email internal perusahaan, dengan fasilitas tersebut eksekutif dapat menjalin komunikasi dan kolaborasi yang baik dengan pihak manajemen ataupun partner bisnis.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: