Beranda > Tak Berkategori > PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE GATEWAY

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE GATEWAY

Januari 8, 2010

Perkembangan dunia teknologi membuat sistem komputer ikut berkembang. Perkembangan ini berdampak luas pada semua sektor, termasuk dalam bidang pendidikan. Dengan mengacu pada pelayanan informasi sekolah, SD Keluarga Widuri ingin memiliki aplikasi yang dapat berfungsi sebagai fasilitator yang berbasis Short Message Service guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang lebih maju. Sekolah ini ingin menggunakan teknologi mobile phones yang sudah berkembang luas dikalangan masyarakat dengan memanfaatkan jasa layanan operator seluler, maka timbul gagasan untuk membuat Sistem SMS Gateway yang dapat memberikan pelayanan informasi di bidang pendidikan di SDkeluarga Widuri.
Operasi yang berjalan pada sistem SMS gateway ini ada tiga : 1) Broadcast dapat mengirimkan pesan SMS ke banyak tujuan baik dalam bentuk Announcement (Pengumuman) informasi sekolah baik kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler, Warming (Peringatan) terhadap keterlambatan pembayaran sekolah dan pelanggaran tata-tertib sekolah, ataupun Reminder (Pengingat) mengenai libur sekolah atau libur Nasional. 2) Auto Respond sistem dapat menerima SMS dan dapat membalas SMS tersebut secara otomatis. Dalam hal ini memberikan fasilitas untuk nilai murid ulangan siswa/siswi. 3) Polling berfungsi untuk melakukan jejak pendapat dalam perhitungan suara (vote) artinya pesan yang dikirim searah dimana SMS masuk tidak dibalas oleh sistem misalnya mengenai pemilihan guru atau murid teladan.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan system dengan menggunakan Rapid Application Development (RAD) dengan Unified Modelling Language (UML) sebagai alat pemodelan sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Borland Delphi 7.0 dan T-Oxygen SMS dengan menggunakan database Paradox serta menggunakan HP NOKIA 3310 yang digunakan sebagai modem alat untuk menghubungkan aplikasi ke mobile phones orangtua/wali siswa.
Hasil system yang dikembangkan berefek positif dalam sistem akademik di SD Keluarga Widuri dengan rasio terhadap : waktu : 50%, kecepatan : 75% dan biaya : 30%

Short Message Service (SMS) atau layanan singkat merupakan sebuah pengembangan dari teknologi telekomunikasi dan teknologi komputer yang paling meledak abad ini. SMS memungkinkan untuk mengirim maupun menerima pesan antar telepon selular. Awal pengembangan SMS untuk memberikan pelayanan pengiriman pesan teks singkat antar perangkat mobile phone (telepon genggam) yang dilakukan dengan cara-cara yang mudah, praktis, murah, aman, efektif dan efisien.
Selama ini penyampaian informasi di Yayasan Pendidikan Keluarga Widuri (YPKW) masih dalam bentuk yang manual dengan menyampaikan informasi baik media lisan ataupun tulisan. Salah satu contohnya adalah jika pihak sekolah SD Widuri ingin mengumumkan informasi masih dalam berupa pengumuman lewat media surat (manual), hal ini memungkinkan terjadi ketidak efiensian terhadap biaya, dan waktu. Informasi yang disampaikan bisa tidak tepat pada waktunya karena sebagian orang trua murid YPKW yang sibuk dengan pekerjaannya pulang larut malam sehingga tidak sempat untuk membaca pengumuman dari pihak sekolah. Hal ini merupakan salah satu kendala penyampaian informasi dengan sistem yang statik. Peneliti kemudian memiliki gagasan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis SMS yang memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan di sekolah dalam mengakses informasi. Tentunya aplikasi ini dapat membantu operasional administrasi untuk menyalurkan informasi kapanpun dan di manapun secara dinamis tanpa harus terbatas antar ruang dan waktu.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka penelitian skripsi ini peneliti ambil dengan judul “Implementasi SMS Gateway untuk Akses Informasi Akademik dengan Study Kasus Yayasan Pendidikan Keluarga Widuri”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: