Beranda > Tak Berkategori > Perancangan Perangkat Lunak untuk Mengontrol Beragam Peralatan Listrik Berbasis LAN

Perancangan Perangkat Lunak untuk Mengontrol Beragam Peralatan Listrik Berbasis LAN

Januari 8, 2010

Perkembangan teknologi khususnya elektronika telah merambah hampir ke semua aspek kehidupan. Seperti halnya beragam peralatan listrik yang tersebar di berbagai ruangan di sebuah gedung yang digunakan sebagai kantor perusahaan. Apabila beragam peralatan listrik tersebut dikontrol secara manual dalam situasi dan kondisi tertentu tentunya sangat merepotkan. Apalagi jika jarak antara satu dengan yang lainnya berjauhan. Berdasarkan masalah tersebut kita dapat memanfaatkan sebuah alat pengontrol untuk mengontrol beragam peralatan listrik melalui komputer yang ada dalam perusahaan. Agar beragam peralatan listrik dapat di kontrol melalui komputer lain yang terhubung ke Local Area Network (LAN) ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu menyediakan sebuah interface device, menghubungkan interface device ke komputer server, menyediakan perangkat lunaknya, dan kemudian menghubungkan komputer client dengan komputer server. Dengan pengontrolan beragam peralatan listrik yang dapat dilakukan melalui komputer yang terhubung ke Local Area Network maka cukup membantu meringankan beban manusia. Jadi tidak perlu repot-repot dan tidak perlu menghabiskan tenaga yang banyak hanya untuk menghidup-matikan sebuah atau lebih peralatan listrik.

Sebuah gedung yang digunakan sebagai kantor perusahaan tentunya memiliki banyak peralatan listrik. Dimana beragam peralatan listrik tersebut tersebar di berbagai ruangan dan umumnya dikontrol secara manual. Hal tersebut tentunya sangat repot untuk dikontrol dalam situasi dan kondisi tertentu, apalagi jika gedung tersebut luas dan memiliki banyak tingkat. Tentunya tidak efisien jika pengontrolan beragam peralatan listrik tersebut tidak dapat dilakukan secara terpusat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita dapat memanfaatkan sebuah alat pengontrol terpusat. Hal tersebut memang masih belum cukup efisien dan perlu dikembangkan lagi agar mendapatkan kemudahan dalam hal penggunaannya. Hal yang dapat dilakukan antara lain dengan memanfaatkan komputer yang ada pada perusahaan dan membuat perangkat lunak yang dapat mengontrol beragam peralatan listrik tersebut melalui komputer yang terhubung pada Local Area Network. Sebagai contoh, misalnya sebuah gedung yang digunakan sebagai kantor perusahaan yang memiliki beberapa departemen dimana masing-masing orang yang bekerja pada departement tersebut hanya dapat menghidup-matikan peralatan listrik yang ada didepartemennya saja kecuali untuk orang-orang tertentu diberi hak istimewa. Hak istimewa diberikan kepada seseorang tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut.

Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk membuat perangkat lunak untuk mengontrol beragam peralatan listrik dengan memanfaatkan Local Area Network (LAN). Hasil rancangan tersebut penulis tuangkan dalam tugas akhir ini dengan mengambil judul “Perancangan Perangkat Lunak untuk Mengontrol Beragam Peralatan Listrik Berbasis LAN”

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: