Beranda > Tak Berkategori > PERANCANGAN PROGRAM SISTEM ANTRIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

PERANCANGAN PROGRAM SISTEM ANTRIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Januari 8, 2010

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat lepas dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Sehubungan dengan berkembangnya dunia pemasaran dan jasa yang menimbulkan semakin tingginya persaingan antara instansi-instansi ataupun perusahaan-perusahaan jasa, maka instansi-instansi ataupun perusahaan-perusahaan jasa mencari nilai tambah dengan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu pelayanan yang sering digunakan adalah CFM (Customer Flow Management) Sistem tersebut mampu memberi solusi bagi instansi-instansi atau perusahaan-perusahaan jasa yang dapat membuat pelanggannya menjadi semakin mudah didalam antrian. Dengan sistem ini dapat mengukur setiap aspek dalam suatu cabang, dimulai dari layout fisik sampai jumlah pelanggan yang dapat dilihat, serta mengemas suatu solusi sedemikian rupa untuk memberi peningkatan terbaik kepada seluruh pelanggan. Namun sistem antrian seperti tersebut diatas belum bisa menyentuh bidang usaha kecil dan menengah karena dibutuhkan biaya yang tinggi untuk membeli paket produk tersebut. Untuk menyentuh bidang usaha kecil dan menengah maka kami menawarkan solusi dengan konsep yang sama tetapi lebih ekonomis yaitu dengan menggunakan Customer Flow Management dengan technology interface. Sebagai mahasiswa berlatar belakang ilmu komputer, sudah seharusnya dapat membuat dan menguasai sistem berbasis komputer, maka dari itu dituangkanlah sistem tersebut dalam laporan tugas akhir yang berjudul “PERANCANGAN PROGRAM SISTEM ANTRIAN PELANGGAN PADA PT. CLARIANT INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0.” Harapannya agar laporan ini dapat berguna bagi PT. CLARIANT INDONESIA, Setidaknya untuk sistem antrian pelanggan.

Seiring dengan kompetisi bisnis yang begitu kuat maka dituntut adanya pelayanan yang baik terhadap para pelanggan sehingga pelanggan tersebut terpuaskan dan tidak akan berpindah ke perusahaan jasa atau instansi lain. Demikian juga dengan seiringnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat terutama dalam dunia bidang komputerisasi maka dituntut untuk mampu memberikan kontribusi atau kemudahan terhadap bisnis yang dijalankan, salah satunya mampu menciptakan peralatan bantu yang canggih dan handal yang mampu beroperasi secara efektif dan efisien serta memberikan kemudahan bagi pemakainya, sehingga keinginan memuaskan pelanggan bisa tercapai.
Pada instansi-instansi ataupun perusahaan-perusahaan jasa yang mana setiap saat harus selalu berhubungan dengan banyak pelanggan sehingga dibutuhkan suatu sistem antrian yang baik dan efektif yang memberi kemudahan kepada pelanggan namun pada kenyataanya masih sangatlah banyak pelanggan-pelanggan yang merasa tidak mendapatkan pelayanan yang baik berhubungan dengan sistem antrian yang masih konvensional.
Berdasarkan pada kenyataan di atas, mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan sekaligus mencoba membuat sebuah aplikasi sistem antrian pelanggan yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir, penulis mengambil judul untuk laporan ini yaitu ” Perancangan Program Sistem Antrian Pelanggan menggunakan Visual Basic 6.0”. dengan harapan keluhan pelanggan berkenaan dengan masalah di atas bisa teratasi.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: