Beranda > Tak Berkategori > PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA CUBIC ELECTRONICS SDN BHD

PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA CUBIC ELECTRONICS SDN BHD

Januari 8, 2010

Ketika Penulis melakukan penelitian terhadap metode penjualan produk elektronik pada Cubic Electronics Sdn Bhd, Penulis mendapati bahwa perusahaan tersebut tidak menyediakan layanan penjualan produk melalui internet atau yang dewasa ini lebih dikenal dengan istilah “E-Commerce(Electronic Commerce)”. Transaksi hanya bisa dilakukan melalui telepon maupun membeli secara langsung melalui toko-toko yang telah ditunjuk untuk bekerjasama dengan pihak perusahaan/syarikat. Tentunya, cara ini cukup menghambat bagi pembeli/ konsumen yang berada di luar negara Malaysia. Oleh karena itu, layanan penjualan melalui internet ini diharapkan dapat membantu kebutuhan konsumen dibelahan dunia manapun khususnya konsumen dari Indonesia. Selain itu penggunaan web ecommerce ini akan sangat mendukung tujuan perusahaan yang memiliki visi “Syarikat bertaraf dunia”. Konsumen yang menggunakan jasa ini(internet), dapat memesan barang yang ia kehendaki sebab pada halaman web site akan ditampilkan katalog produk beserta daftar harga dan informasi lainnya .Sistem katalog dan pemesanan barang ini adalah aplikasi database yang terkoneksi ke sebuah server database. Untuk keperluan database tersebut, penulis menggunakan server database MySQL.

Dewasa ini, teknologi internet semakin berkembang pesat. Perkembangan tersebut dapat kita lihat dengan semakin banyaknya user yang menggunakan fasilitas internet tidak hanya untuk mendapatkan berita-berita terbaru, informasi yang dibutuhkan dan untuk berhubungan dengan orang lain di dunia maya tetapi internet juga digunakan sebagai media perdagangan antara perusahaan maupun badan usaha dengan konsumennya. Perdagangan diatas teknologi internet atau E-Commerce (Electronic Commerce) memberikan peluang pasar yang sangat besar. Hal ini sangatlah sayang jika dilewatkan. Terutama bagi perusahaan atau badan usaha yang memiliki keinginan untuk memasarkan (menjual) produknya secara global, tidak hanya dalam satu wilayah tertentu.
Menjual produk secara on-line akan mendatangkan laba yang lebih besar dibandingkan menjual produk menggunakan metode/cara biasa seperti melalui telepon, fax ataupun langsung datang ke lokasi penjualan. Berdasarkan realitas tersebut, Penulis merasa perlu membuat suatu rancangan sistem penjualan produk elektronik pada perusahaan Cubic Electronics Sdn bhd di Melaka-Malaysia yang menggunakan fasilitas internet(rancangan berbasis web). Pemilihan judul skripsi ini didukung oleh penelitian selama hampir 3 (tiga) bulan di perusahaan tersebut sewaktu Penulis dan teman-teman yang menjadi peserta magang melakukan kerja praktek di Cubic Electronics Sdn Bhd, dimana Penulis mendapati sistem penjualan yang berlangsung di perusahaan tersebut belum memanfaatkan
teknologi internet.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: