Beranda > Tak Berkategori > PROGRAM APLIKASI PENDOKUMENTASIAN DATA FILATELI PADA PT.POS INDONESIA(PERSERO) BANDUNG

PROGRAM APLIKASI PENDOKUMENTASIAN DATA FILATELI PADA PT.POS INDONESIA(PERSERO) BANDUNG

Januari 8, 2010

Proses pendokumentasian data filateli merupakan suatu proses yang memerlukan ketelitian dan keteraturan yang cukup tinggi, untuk itu diperlukan adanya suatu sistem pendokumentasian yang handal sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengolahan data filateli. Penggunaan sistem komputerisasi dalam bentuk program aplikasi pada proses ini, dapat mempercepat proses pendokumentasian data filateli.
Program aplikasi ini dirancang dan kemudian dibuat untuk memudahkan proses pendokumentasian data filateli, yang pada akhirnya mampu membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja pegawai. Program aplikasi pendokumentasian data filateli ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi 7 dan database desktop.

Perubahan status dari perusahaan umum menjadi perusahaan persero, PT. Pos Indonesia, sejak tahun 1995 yang lalu perlu diimbangi dengan pengelolaan dan pengembangan usaha yang lebih berorientasi bisnis profesional yang diarahkan pada pengguna jasa, pemilik, pegawai, mitra usaha, kreditor, pemasok, pemerintah dan masyarakat umum. Wujud nyata dari pengelolaan yang berorientasi bisnis adalah pembentukan unit-unit bisnis diantaranya Unit Bisnis Filateli yang mempunyai misi menyediakan hobi dan aktifitas yang bermanfaat bagi para filatelis dan meningkatkan apresiasi masyarakat filatelis nasional dan internasional terhadap produk filateli Indonesia, begitupun sebaliknya perlu adanya peningkatan apresiasi masyarakat filatelis nasional terhadap produk filateli internasional.
Untuk mendukung hal tersebut, PT. Pos Indonesia khususnya Unit Bisnis Filateli telah menjalin hubungan kerjasama dengan Unit Bisnis Filateli lainnya yang terdapat hampir di seluruh kantor pos di dunia. Kerja sama yang dilakukan berupa pengiriman produk-produk filateli yang telah diterbitkan.
Dengan adanya bentuk kerja sama tersebut, diperlukan pengontrolan mengenai perencanaan, pengembangan, dan pembinaan para filatelis serta penyediaan, penyimpanan, penyaluran dan pemasaran benda-benda filateli sehingga dapat mendukung usaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Hal diatas menjadi masalah utama bagi Unit Bisnis Filateli khususnya pada bagian dokumentasi produk filateli yang melakukan penyimpanan atau pengarsipan atas segala dokumen surat dan produk filateli yang diterbitkan oleh PT. Pos Indonesia ataupun yang diterima dari kantor pos lain di seluruh dunia yang selama ini proses pengarsipan tersebut dilakukan secara manual. Kesulitan sangat dirasakan pada saat terjadi pencarian data yang berhubungan dengan produk filateli. Dengan jumlah data benda filateli yang sangat banyak, kegiatan dokumentasi dan proses pencarian benda-benda filateli akan sangat menyulitkan apabila dilakukan secara manual.
Oleh karena itu, perlu adanya suatu program aplikasi yang dapat menangani masalah pendokumentasian dan pencarian data benda filateli yang lebih akurat, cepat dan tepat. Dengan adanya program aplikasi yang baik, diharapkan kinerja sistem yang ada semakin tinggi.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: