Beranda > Tak Berkategori > PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN PIJAT ZONA TERAPI MERIDIAN

PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN PIJAT ZONA TERAPI MERIDIAN

Januari 8, 2010

Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat merupakan suatu hal yang mutlak pada era yang serba cepat seperti saat ini.

Laporan Tujuan Akhir dengan judul “Program Bantu Pembelajaran Pijat Zona Terapi Meridian“. Untuk membantu masyarakat dalam memahami dan belajar mengenai pijat zona terapi meridian, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Antara lain dengan mengenal suatu sistem pembelajaran dengan menggunakan komputer.

Tujuan dari program bantu pembelajaran ini adalah untuk membuat suatu program pembelajaran yang menerangkan mengenai Pijat Zona Terapi Meridian yang diharapakan dapat menjadi alternatif media pembelajar untuk materi pijat zona terapi meridian. Program Bantu pembelajaran ini diharapkan dapat memberi penyegaran terhadap pembelajaran dengan efek multimedia yang interaktif guna mengatasi kebosanan masyarakat terhadap materi textbook.

Dalam perancangannya, penulis menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall yang meliputi analisa dan definisi kebutuhan sistem, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi dan unit testing, integrasi dan sistem testing, operasi dan perawatan.

Dalam pembuatan Tugas Akhir ini penulis menghasilkan sebuah program bantu pembelajaran yaitu mengenai pijat zona terapi meridian.

Teknik pengobatan Tradisional dewasa ini semakin digemari sebagai teknik pengobatan. Metode pengobatan Tradisional biasanya dijalani apabila metode pengobatan konvensional atau umum di pandang tidak mampu lagi menyembuhkan suatu penyakit. Selain hal itu, bagi orang yang kurang mampu menjalani pengobatan konvensional atau umum, metode pengobatan Tradisional di pandang sebagai solusi untuk menekan biaya pengobatan.
Pengobatan secara tradisional atau alternatif ada banyak ragam jenisnya. Salah satunya adalah teknik penyembuhan dengan cara pijat melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit atau disebut dengan zona terapi meridian. Teknik ini banyak diminati oleh berbagai lapisan masyarakat dan menjadi popular dikarenakan teknik ini bukan saja biasa di jadikan metode penyembuhan, untuk merancang respon penyembuhan, dan pemanfaatan titik-titik saraf untuk penyembuhan berbagai penyakit. Selain itu juga semakin meningkatnya pengguna jasa pengobatan tradisional dengan menggunakan sentuhan pada titik-titik saraf diatas permukaan kulit sebagai media-media untuk penyembuhan terhadap penyakit yang di deritanya (pasien). Dengan memanfaatkan titik-titik saraf yang terdapat diatas permukaan kulit manusia yang sangat perasa bila terdapat gangguan-gangguan pada suatu jaringan tubuh, titik-titik ini tersebar di atas permukaan kulit dengan teratur. Pada umumnya titik-titik itu dapat dibatasi pada daerah-daerah tertentu, dan terdapat urutan-urutan satu dengan yang lainnya secara teratur. Sehingga titik-titik saraf diatas permukaan kulit ini dapat memberi efek-efek yang bagus. Karena teknik penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit sekarang ini sudah diterapkan pada beberapa rumah-rumah terapi penyembuhan tradisional melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit.
Ditinjau dari segi pembelajaran ilmu pengobatan tersebut terhadap orang yang ahli dalam penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukan kulit kebanyakan dari mereka harus mengikuti pembelajaran khusus untuk benar-benar menjadi ahli dalam teknik penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit. Selain itu juga banyak didukung dengan buku-buku yang mengulas tentang ilmu-ilmu penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit, yang sudah banyak beredar sekarang ini.
Kelebihan yang terdapat pada program bantu pembelajaran penyembuhan dengan pijat melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit berbasis multimedia adalah teknik penyembuhan dengan cara pijat melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit, proses penyembuhan yang benar dan mudah dipelajari dari segi kegunaan, komputer merupakan suatu media elektronik yang dapat membantu memberi kemudahan dari pekerjaan yang sulit. Karena komputer juga telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Tidak menutup kemungkinan apabila ilmu penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit pun juga bisa divisualisasikan untuk mempermudah mereka yang ingin mendalami ilmu pengobatan tersebut. Secara autodidak atau belajar sendiri. Karena dengan kemudahan tersebut orang yang ingin menjadi ahli dalam teknik penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit pun dapat mempelajari dikomputer untuk mengenal bagaimana teknik penyembuhan melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit tersebut.
Bertolak dari masalah tersebut diatas maka penulis mengajukan suatu rancangan sistem bantu pembelajaran penyembuhan dengan cara pijat melalui titik-titik saraf diatas permukaan kulit atau terapi zona meridian yang dapat dijadikan pertimbangan dalam membantu proses terapi penyembuhan. Oleh karena itu dalam penulisan laporan tugas akhir ini penulis mengambil judul “PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN PIJAT ZONA TERAPI MERIDIAN”.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: