Beranda > Tak Berkategori > PROTOTIPE PENGENDALI PINTU DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAGNETIK

PROTOTIPE PENGENDALI PINTU DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAGNETIK

Januari 8, 2010

Skripsi ini berisi mengenai perancangan prototipe pengendali pintu hal ini dibutuhkan untuk memudahkan pengguna (user) dalam membuka maupun menutup pintu rumah serta untuk mencegah tindakan pencurian yang sering terjadi belakangan ini yang disebabkan oleh penduplikasian kunci yang dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Protipe ini dirancang dengan menggunakan perangkat keras mikrokontroller tipe AT89S51 yang merupakan keluarga dari ATMEL, dan kartu magnetik (magnetic card) yang digunakan sebagai perangkat inputnya.

Cara kerja protipe ini adalah dengan cara menggesekkan kartu magnetik pada magnetic card reader untuk selanjutnya data nomor kartu hasil pembacaan akan dikirimkan ke mikrokontroler yang untuk selanjutnya akan dilakukan proses scaning antara data yang telah diterima mikrokontroler dengan data yang disimpan pada mikrokontroler. Apabila data sesuai maka, motor dc akan bergerak, dan apabila data tidak sesuai maka, buzzer akan mengeluarkan suara.

Bahasa pemograman yang digunakan dalam pembuatan protipe ini adalah bahasa assembler, dengan menggunakan bantuan tools pinnacle. Sedangkan ntuk mendownload program hasil kompilernya (bahasa mesin) menggunakan tools ISP Programmer.

Setelah dilakukan beberapa percobaan pada prototipe. Dapat disimpulkan bahwa protipe bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Perkembangan dunia teknologi di masa sekarang ini sangat cepat, hal ini ditandai dengan banyaknya penggunaan peralatan elektronik di setiap bidang, misalnya pada bidang pendidikan, kesehatan, keamanan serta pada bidang yang lainnya. Penggunaan peralatan ekktronik tersebut bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia agar pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah dan efektif .

Penerapan teknologi pada tempat tinggal (bangunan) yang mempunyai banyak pintu, sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah keamanan. Membuka maupun menutup pintu yang biasanya dilakukan dengan manual dapat diganti dengan sistem otomatis yang penggunaannya menggunakan kartu magnetik, dalam hal ini kartu ATM. Penggunaan sistem otomatis ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pencurian yang sering terjadi di masa sekarang ini, dan untuk memudahkan dalam mengoperasikan pintu tersebut.

Melihat latar belakang di atas, maka penulis sadar akan pentingnya penggunaan peralatan elektronik pada bidang keamanan. Oleh karena penulis akan merancang sebuah prototipe keamanan pintu dengan judul “PROTOTIPE PENGENDALI PINTU DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAGNETIK”

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: