Beranda > Tak Berkategori > RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BARANG PADA TINA CELLULAR DI MENGWI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0.

RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BARANG PADA TINA CELLULAR DI MENGWI MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0.

Januari 8, 2010

Tina Cellular merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jual-beli yang dititikberatkan pada bidang teknologi telekomunikasi khususnya teknologi handphone. Dalam hal memberikan pelayanan penjualan, informasi mengenai persediaan barang sangatlah penting, sehingga sistem penjualan dapat berlangsung dengan baik. Untuk memenuhi hal tersebut maka dibutuhkan suatu sistem penjualan yang terpadu.
Sistem penjualan merupakan penerapan dari sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan orientasi pengelolaan database yang mempermudah pengguna dalam melakukan kegiatan operasional dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.
Dengan adanya sistem penjualan yang terstruktur secara komputerisasi, pelayanan transaksi terhadap customer dapat dilakukan dengan baik sehingga dapat membangun kepercayaan customer yang bagus bagi perusahaan. Sistem penjualan memberikan kemudahan dalam pelaksanaan operasional penjualan, pengarsipan data-data penjualan, kecepatan dalam penyajian laporan dan menginformasikan persediaan barang, sehingga memudahkan manajemen melakukan pengembangan perusahaan. Dengan adanya sistem penjualan ini, maka telah dapat merancang suatu sistem penjualan dari berbagai disiplin ilmu yang diperoleh yang dapat membantu perusahaan untuk menjalankan operasional penjualan dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin meluas, hal ini sejalan dengan perkembangan komputer yang semakin hari semakin pesat. Berbagai teknologi kini telah dapat diciptakan sehingga dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Kecanggihan teknologi informasi kini mampu menggantikan peranan manusia dalam berbagai bidang. Komputer kini telah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi dan informasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Perkembangan teknologi yang pesat dalam perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak serta teknologi komunikasi merupakan alternatif bagi suatu perusahaan untuk menunjang pengolahan data yang baik. Pengolahan data yang baik dan benar dapat membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan atau organisasi karena saat ini perusahaan membutuh ketepatan, kecepatan, keakuratan dan kesempurnaan dalam melaksanakan kegiatan perusahaan. Keamanan data dan informasi perusahaan juga menjadi acuan oleh perusahaan sehingga tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan. Apabila pengolahan data tidak teratur dan tidak terkoordinasi dengan baik, maka akan mengakibatkan sulitnya mengetahui data dan informasi secara tepat dan akurat.
Salah satu contoh pengembangan teknologi informasi adalah perancangan suatu sistem informasi berbasiskan komputer yang digunakan untuk mengontrol dan mengelola sistem pada suatu perusahaan. Hal ini tentunya sangat membantu sebuah perusahaan untuk melaksanakan pengolahan data-data perusahaan sehingga data dan informasi yang didapat lebih jelas dan akurat. Di sisi lain sistem informasi yang berbasiskan komputer juga sangat memudahkan manajemen dan pegawai perusahaan dalam melaksanakan segala aktivitas perusahaan.
Sistem informasi manajemen, sistem informasi akutansi, sistem informasi penjualan, dan sistem informasi penggajian berbasis komputer merupakan beberapa penerapan sistem informasi berbasis komputer dalam suatu perusahaan. Sistem tersebut sangat diperlukan oleh perusahaan agar kinerja perusahaan dapat meningkat. Saat ini sudah banyak perusahaan di bidang dagang dan jasa telah menggunakan sistem berbasis komputer dimana perusahaan dapat memperolah data dan informasi secara jelas.
Hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan maupun industri membutuhkan suatu sistem informasi yang baik terutama sistem informasi penjualan, agar dalam kegiatannya dapat berjalan dengan efektif dan seefisien mungkin. Keadaan tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan yang meningkatkan pengembangan dibidang penjualan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan agar dapat mengolah data dengan mudah, cepat dan akurat.
Namun saat ini masih banyak juga perusahaan yang belum menerapkan sistem tersebut karena berbagai hal. Salah satu kendalanya adalah kurangnya pengetahuan perusahaan tentang sistem informasi penjualan ini sehingga mengakibatkan perusahaan menggunakan cara manual untuk melaksanakan proses penjualan barang dan jasa.
Dalam hal ini Sistem Penjualan pada Toko Tina Cellular masih mengalami permasalahan yaitu proses pengolahan data penjualan masih manual, terjadi penumpukan arsip yang tidak teratur dan belum tersedianya tempat penyimpanan arsip, sehingga keamanan dari datanya kurang terjamin. Selain dari waktu yang banyak terbuang dari proses pencarian data pun mengalami kesulitan dan sering terjadi kesalahan dalam pengolahan data penjualan. Juga perusahaan ini tidak mengetahui secara jelas transaksi apa saja yang telah terjadi dalam perusahaan tersebut.
Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang diatas maka tugas akhir ini dibuat dengan bertemakan “Rancang Bangun Sistem Penjualan Barang Pada Tina Cellular di Mengwi Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: