Beranda > Tak Berkategori > SISTEM EKSPEDISI PAKET SENTRAL PENGOLAHAN POS YOGYAKARTA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BERBASIS WEB

SISTEM EKSPEDISI PAKET SENTRAL PENGOLAHAN POS YOGYAKARTA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BERBASIS WEB

Januari 8, 2010

Pada suatu perusahaan pengiriman paket atau jasa ekspedisi yaitu Sentral Pengolahan Pos PT. Pos Indonesia Yogyakarta, ada berbagai macam masalah yang terjadi , misalnya masalah keterlambatan paket atau bahkan hilangnya suatu paket yang akan dikirim baik ketika masih di kantor cabang maupun ketika dalam perjalanan. Hal itu dapat disebabkan karena buruknya pelayanan sebuah jasa pengiriman
Untuk mempermudah perusahaan dalam mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi dalam pengiriman paket dan memudahkan konsumen dalam melacak keberadaan paket yang dikirim melalui perusahaan tertentu, maka akan diterapkan sistem ekspedisi yaitu sistem yang berfungsi untuk melacak atau menelusuri paket tertentu yang dikirim oleh konsumen kepada perusahaan pengiriman, dengan demikian pihak konsumen dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai paket yang dikirim, kapan dan dimana serta bagaimana kondisi kiriman tersebut berada. Dan Seluruh kantor cabang perusahaan yang ada dapat di integrasikan kedalam sistem tersebut, sehingga seluruh kegiatan operasional dari tiap cabang akan tercatat dalam database sistem.
Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara studi literatur, metode wawancara, dan observasi, menganalisis kebutuhan sistem, merancang sistem, mengimplementasikan rancangan sistem tersebut mengunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Tahap akhir adalah pengujian sistem dengan black box dan alpha test. Hasil dari penelitian ini adalah sistem ekspedisi paket pada sentral pengolahan pos PT.Pos Indonesia Yogyakarta berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan black box test dan alpha test menunjukkan bahwa program dinyatakan baik dan siap untuk diimplementasikan.

Dunia internet semakin lama semakin berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang selalu mencari terobosan baru. Pada awalnya, internet hanya digunakan untuk menampilkan data-data statis yang disebarkan untuk pengguna internet secara umum. Namun dalam perkembangan sebuah sistem informasi jarak jauh yang memberikan hak akses khusus anggota, mulai mencoba untuk menggunakan media internet sebagai sarana untuk menghubungkan antar pengguna internet dalam sebuah sistem.
Revolusi teknologi informasi sedang menggiring dunia pada perubahan baru dan telah mewarnai di hampir seluruh kehidupan manusia. Termasuk pada dunia Pelayanan dan Pengiriman Paket, teknologi informasi sangat diperlukan untuk menunjang segala aktifitas yang merupakan salah satu bentuk dari dunia pendidikan untuk menanggulangi dampak dari globalisasi.
PT. Pos Indonesia adalah suatu perusahaan ekspedisi skala nasional yang melayani jasa antaran barang antar kota antar propinsi memiliki berbagai cabang yang terletak di seluruh penjuru Indonesia. Saat ini PT.Pos Indonesia telah memiliki Mail Processing Center (MPC) diantaranya bertempat di Yogyakarta. Mail Processing Center merupakan Perusahaan Sentral Pengolahan Pos yang berfungsi sebagai pusat pelayanan untuk jasa antaran paket. Mail Processing Center (MPC) Yogyakarta memiliki daerah operasional dan cabang sebanyak 25 kota dipulau Jawa. Karena luasnya cakupan wilayah operasi Perusahaan serta banyaknya konsumen yang memanfaatkan jasa tersebut, maka perusahaan akan mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan pengolahan data yang tersebar dibeberapa kantor cabang. Mail Processing Center (MPC) Yogyakarta tidak mungkin memperoleh update data setiap hari dari semua kantor cabang, terutama kantor cabang yang jauh letaknya, padahal data-data ini, seperti jumlah paket yang masuk atau jumlah paket yang tiba serta armada yang mengantarkannya, sangat dibutuhkan oleh MPC Yogyakarta untuk mengkoordinasikan kantor-kantor cabang yang ada.
Sedangkan jika ditinjau dari sisi konsumen perusahaan, ada bebarapa permasalahan dalam pengiriman paket. Terutama dalam memastikan keberadaan kiriman paket, sampai dimana paket pada saat ini atau bagaimana kondisi paket tersebut.
Oleh karena itu perusahaan harus meningkatkan efektifitas dalam bidang operasionalnya dan administrasi dengan cara mengintegrasikan semua kantor cabang kedalam suatu sistem yang berbasis web.
Dengan cara ini diharapkan, hubungan dari MPC Yogyakarta ke kantor cabang dan sebaliknya dapat berjalan dengan lancar, karena dengan pemusatan data di MPC Yogyakarta koordinasi dan sinkronisasi data lebih mudah dilakukan. Sedangkan update data termasuk penambahan data dapat dilakukan dari kantor cabang dengan memanfaatkan jaringan antar kantor pusat dengan cabang-cabang yang ada.
Sistem ini akan mempermudah perusahaan maupun konsumen yang memanfaatkan jasa perusahaan dalam memperoleh informasi tertentu yang dibutuhkan. Bagi konsumen, sistem ini memungkinkan mereka untuk mengecek keberadaan paket yang dikirimkan pada saat ini, apakah telah tiba di tujuan atau tidak. Jika belum tiba dapat diketahui dikota mana paket itu berada serta kondisi paket hingga sampai ditempat tujuan. Sedangkan bagi perusahaan, sistem ini akan mempermudah dalam membantu masalah-masalah yang mungkin timbul pada proses pengiriman paket.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: