Beranda > Tak Berkategori > SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BUKU PADA TOKO BUKU BAROKAH WARUJAYENG NGANJUK DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO 7.0

SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BUKU PADA TOKO BUKU BAROKAH WARUJAYENG NGANJUK DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO 7.0

Januari 8, 2010

Sistem Komputerisasi Pembelian dan Penjualan buku pada Toko Buku Barokah Warujayeng Nganjuk ini merupakan sebuah sistem yang sangat dibutuhkan guna untuk mencatat data pembelian dan penjualan. Dalam hal ini sistem dirancang dengan menggunakan Program Microsoft Visual Foxpro 7.0, kenapa penulis memilih menggunakan bahasa pemograman ini karena Microsoft Visual Foxpro 7.0 mempunyai kelebihan-kelebihan dalam hal tertentu, seperti contohnya: sudah mempunyai database sendiri, selain itu tingkat keamanan yang dimiliki Microsoft Visual Foxpro 7.0 ini sangat terjamin.
Penulis dapat dengan leluasa mengembangkan ide-ide dalam penyempurnaan variasi dari program, karena menurut penulis bahasa pemograman ini sangatlah mudah dan simpel. Keunggulan lain yang dimiliki oleh bahasa pemograman ini yaitu program yang dihasilkan tidak begitu berat untuk dijalankan, walaupun data yang dihasilkan besar. Proses hubungan antara tabel-tabel ini dikaitkan oleh adanya field kunci pada masing-masing tabel.

Sistem informasi yang dikembangkan pada system informasi pembelian dan penjualan pada saat sekarang ini, telah banyak mengalami kemajuan yang berarti dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya pemakaian komputer dalam pengolahan data-data yang selalu terupdate dan userfriendly pada divisi tersebut.
Toko Buku BAROKAH adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang Pembelian dan penjualan buku yang khususnya memberikan jasa pelayanan buku kepada konsumen yang terletak di Tanjunganom Nganjuk . Yang bahwa sistem pencatatan data buku di Toko Buku BAROKAH masih manual, sehingga dalam mengitung stock buku sangat merepotkan staf dan karyawan karena terlalu banyak buku. Untuk mengatasi permasalahan yang akan terjadi maka penulis merancang sebuah sistem komputerisasi.
Disamping lamanya menghitung stock buku juga masih terdapat kekurangan-kekurangan lainny seperti: Tidak adanya laporan buku yang masuk baik perminggu, perbulan atau pertahun dan tidak adanya lagi laporan buku yang keluar maupun perhari, perminggu, perbulan, ataupun pertahun, sering hilangnya faktur buku masuk, dan tidak diketahui keuntungan perbulan.
Menurut penulis untuk mengatasi hal tersebut di atas, penulis mencoba membuat sebuah rancangan sistem informasi yang baru yang dapat mengolah data pembelian dan penjualan tersebut dengan lebih cepat dan mempunyai ketelitian yang tinggi dengan menggunakan komputer sebagai media bantunya. Dalam Tugas Akhir Application Project dengan judul “Sistem Komputerisasi Pembelian dan Penjualan Buku Pada Toko Buku Barokah Warujayeng Nganjuk Dengan Menggunakan Microsoft Visual Foxpro 7.0”, untuk memperoleh pendalaman terhadap penguasaan berbagai macam bidang ilmu yang telah dan sedang penulis pelajari, sehingga dengan penulisan judul Application Project ini penulis berharap mendapatkan pengalaman yang nyata dalam penerapan konsep sistem informasi pada studi kasus di lapangan.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: