Beranda > Tak Berkategori > Sistem Informasi Perparkiran Motor dan Mobil Pada Suatu Mall Berbasis Client Server

Sistem Informasi Perparkiran Motor dan Mobil Pada Suatu Mall Berbasis Client Server

Januari 8, 2010

Perkembangan dalam bidang Teknologi Informasi sudah demikian pesat. Kemampuan mendapatkan dan menyediakan informasi secara tepat dan akurat menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah organisasi (komersil ataupun non komersil), perguruan tinggi, lembaga pemerintahan maupun individu, oleh karena itu, diperlukan teknologi informasi yang semakin inovatif, seiring dengan dibutuhkannya Teknologi Informasi yang terkini.
Telah dibangun suatu sistem informasi perparkiran motor dan mobil pada suatu mall berbasis client server yang dapat digunakan untuk pengaksesan dan penyimpanan secara sistematis.
Penerapan dari Teknologi Informasi tersebut digunakan oleh pemilik mall untuk membuat suatu sistem informasi perparkiran yang bertujuan agar aman dan teratur yang sebelumnya hanya secara manual dengan cara memberikan karcis kepada pemilik kendaraan tanpa penyimpanan data yang rapi dan teratur. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan kendaraan ataupun penyimpangan – penyimpangan dalam hal keuangan.
Sistem dibangun dengan metode client server, dengan metode client server penyimpanan data hanya ada pada satu komputer saja yang bertindak sebagai server sedangkan komputer yang lain (Client Server) hanya mengakses data dari server. Selain menggunakan Data Flow Diagram pada perancangan sistem ini, juga menggunakan teknik-teknik struktur database dan sistem menu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dibangun suatu aplikasi Sistem Informasi Perparkiran Motor dan Mobil Pada Suatu Mall Berbasis Client Server yang dapat membantu menjaga keamanan mobil dan motor serta memberikan laporan keuangan yang akurat.

Abad 21 ini sering juga disebut dengan abad informasi, dimana informasi yang menjadi kebutuhan primer disamping kebutuhan sandang, pangan, dan papan sehingga informasi menjadi suatu kebutuhan komoditi yang sangat penting.
Informasi merupakan suatu pengolahan data atau fakta yang disajikan dengan format dan didistribusikan melalui media tertentu. Teknologi internet dapat dianalogikan sebagai suatu “Jalan Raya Informasi Bebas Hambatan” siapapun yang terkoneksi dengan jaringan ini dapat mencari dan memberikan informasi mengenai apapun.
Kemudahan dalam pelayanan keamanan parkir kendaraan pemilik Mall dan pelanggan sangat diharapkan. Cara yang biasa dilakukan pemilik Mall adalah dengan memberikan karcis biasa kepada pelanggan tanpa menyimpan data nomor plat pelanggan, sedangkan bagi pemilik mall harus mengarahkan lahan yang kosong untuk memarkirkan kendaraan roda empat milik pelanggan. Hal ini bukanlah cara yang efektif dan efisien, mengingat pada saat ini perangkat lunak sangat pesat perkembangannya.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: