Beranda > Tak Berkategori > SISTEM INFORMASI WEB APOTIK HIDUP MENGGUNAKAN METODE (MODEL VIEW CONTROLLER) DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CAKEPHP

SISTEM INFORMASI WEB APOTIK HIDUP MENGGUNAKAN METODE (MODEL VIEW CONTROLLER) DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CAKEPHP

Januari 8, 2010

Peranan teknologi informasi sangat mendukung pengolahan data dalam suatu perusahaan, instansi, atau lembaga dengan maksud untuk mempermudah mendapatkan informasi yang relevan, akurat, dan tepat. Memanfaatkan teknologi informasi yang terus berkembang akan memungkinkan perusahaan tetap bertahan dan berkembang pesat sesuai dengan keadaan jaman. Salah satu teknologi yang mampu untuk memberikan informasi yang dinamis dan selalu up-to-date adalah teknologi internet. Dengan teknologi ini, informasi yang tersedia dapat diakses kapanpun, di manapun, dan oleh siapa saja, selama terhubung dengan internet.
Untuk itu penulis memilih judul proyek tugas akhir Sistem Informasi Web Apotik Hidup menggunakan Metode (MVC) dengan menggunakan CakePHP, Diharapkan dengan dibangunnya website ini dapat membantu setiap orang untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan.Ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan juga dalam website ini adalah inputan untuk admin dalam mengupdate informasi didalam website dan buku tamu pengunjung untuk berinteraksi dan memberikan komentar mengenai berita dalam website.
Dalam pengimplementasian website ini dibuat dengan menggunakan PHP dan MySQL dengan Framework CakePHP. Pada sistem ini diperlukan beberapa tabel yaitu tabel bukutamu, tabel user, tabel tanaman, tabel obat, tabel bagian, dan tabel penyakit yang disimpan dalam database MySQL. Data base MYSQL server digunakan untuk menyimpan data yang akan ditampilkan pada halaman website, sehingga informasi yang diberikan pada halaman web ini lebih optimal dan akurat.

Saat ini, orang menganggap bahwa internet adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa tidak, kita sangat mudah mendapatkan suatu informasi seperti ekonomi, bisnis, politik, olah raga, seni, budaya, dan lainnya. Hal ini di buktikan bahwa kecenderungan masyarakat meninggalkan aktivitas konvensional dalam kehidupannya semakin jelas. Kita dapat melihat bahwa pemakai internet selalu bertambah, baik dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menggunakan internet karena keperluannya masing-masing.
Apakah itu CakePHP? CakePHP adalah framework untuk PHP. Lebih khusus, ia memfasilitasi cara yang bisa diatur untuk memisahkan logika aplikasi dan penampilannya. Ini jauh lebih baik dijelaskan dalam situasi dimana pemrogram aplikasi dan desainer template memainkan aturan yang berbeda, atau secara umum bukan orang yang sama.
Karena Programmer (dalam hal ini bahasa permograman PHP) cenderung meningkat, hampir semua kalangan menggunakan PHP untuk membangun sebuah aplikasi berbasis internet (website), maka dalam hal ini metode menggunakan framework untuk membangun sebuah sistem akan sangat berguna, khususnya untuk membangun sebuah sistem yang kompleks dan berbasiskan web 2.0 dengan tidak mengurangi tujuan utamanya yaitu untuk menyampaikan informasi yang relevan, cepat, dan tepat.
Dewasa ini penelitian dan pengembangan tumbuhan obat baik di dalam maupun di luar negeri berkembang pesat. Penelitian terutama berkembang dalam segi farmakologi maupun fitokimianya berdasarkan indikasi tumbuhan obat yang telah digunakan oleh sebagian masyarakat dengan khasiat yang teruji secara empiris. Hasil penelitian tersebut, tentunya lebih memantapkan para pengguna tumbuhan obat akan khasiat maupun kegunaannya. Terlebih lagi, uji toksikologi juga telah banyak dilakukan oleh para peneliti untuk mengetahui keamanan tumbuhan obat yang sering digunakan untuk pemakaian jangka panjang, maupun pemakaian insidentil. Para pengobat tradisional pun telah banyak mengetahui tumbuhan obat yang beracun, namun tetap menggunakannya karena mereka mengetahui cara pengolahannya. Dengan demikian racun bisa dieliminasi terlebih dahulu.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: