Beranda > Tak Berkategori > SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS BERBASIS WEB DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS BERBASIS WEB DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Januari 8, 2010

Tujuan penelitian Skripsi ini adalah untuk membuat sistem informasi jual beli mobil bekas berbasis WEB yang dilengkapi sistem pendukung keputusan pembelian mobil bekas dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process.

Indonesia adalah salah satu negara berkembang di Asia Tenggara. Dimana sebagian besar penduduknya berada pada tingkat sosial ekonomi menengah kebawah. Karenanya, mobil bekas menjadi alternatif, bagi mereka yang menyukai dunia otomotif. Selain kebutuhan, juga sebagai hobi. Ada juga yang menjadikan mobil bekas ini sebagai investasi, yang kemudian dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual dan membeli mobil bekas ini. Salah satunya adalah media iklan yang terbukti sangat membantu, baik lewat media cetak harian pagi atau sore, media audio atau video, dan lain-lain. Tentunya dengan cara ini, meskipun efektif tetapi tidak efisien. Karena dibutuhkan banyak biaya untuk mengiklankannya. Dilihat dari sisi pembeli, banyaknya iklan yang dipasang atau ditayangkan membuat mereka perlu berpikir beberapa kali untuk mempertimbangkan mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka, supaya tidak salah memilih, dan menyesal di kemudian hari.
Kemajuan dunia informatika sepertinya menjawab kebutuhan jual beli mobil bekas ini. Dan sangat membantu baik dari sisi penjual maupun pembeli. Dengan adanya teknologi internet, memungkinkan para penjual mengiklankannya lewat media ini dengan biaya yang relatif murah dan dapat dilihat langsung oleh calon pembeli disetiap tempat yang menggunakan teknologi internet ini. Dan bukan hanya itu, dengan teknologi internet ini, para calon pembeli juga dibantu untuk dapat menghubungi penjual, baik lewat telepon, ataupun email.
Karena itu, peneliti ingin membangun suatu sistem informasi berbasis WEB, yang menggunakan teknologi internet, untuk membantu para penjual memasangkan iklan mobil yang akan dijual, dan yang terutama membantu para pembeli untuk bisa memutuskan dan menentukan mobil mana yang akan dibeli, yang sesuai dengan kebutuhan dan ekonomi mereka dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dimana metode ini merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang menggunakan pendekatan kolektif dari proses pengambilan keputusannya dan mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang multi objektif dan multi kriteria.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: