Beranda > Tak Berkategori > STUDI ANALISA PENYAMARAN INFORMASI MAC ADDRESS DENGAN METODE ARP CACHE POISONING

STUDI ANALISA PENYAMARAN INFORMASI MAC ADDRESS DENGAN METODE ARP CACHE POISONING

Januari 8, 2010

Pada Proyek Akhir ini akan dibahas tentang salah satu kelemahan dari protokol ARP dalam melakukan pemetaan alamat Ethernet dan alamat IP. ARP spoofing merupakan cara untuk memanipulasi pemetaan ARP Cache. ARP spoofing akan membuat paket ARP Reply Palsu. Dengan mengirimkan ARP Reply Palsu secara terus-menerus, komputer target diyakinkan agar mengirim frame yang ditujukan untuk komputer A dikirimkan terlebih dahulu ke komputer B. ARP spoofing biasanya diikuti dengan serangan untuk menangkap atau mengambil alih komunikasi yang tidak terenkripsi atau tidak memiliki digital signature. Kemudian dilakukan analisa terhadap simulasi program ARP spoofing dan TCP Hijacking yang telah dibuat. Dan diharapkan dapat memberi solusi agar komunikasi yang terjadi tidak dapat disadap atau diambil alih. Kata kunci: ARP (Address Resolution Protocol), ARP Cache, Keamanan Jaringan, ARP Spoofing, ARP Cache Poisoning, TCP Hijacking

Seiring berkembangnya teknologi informasi, teknologi jaringan komputer juga semakin berkembang pesat. Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Namun hal ini kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sebuah jaringan komputer. Seringkali masalah keamanan berada di urutan kedua, atau bahkan di urutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. Apabila menggangu performansi dari sistem, seringkali keamanan dikurangi atau ditiadakan. Jaringan komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai salah satu media komunikasi dalam bisnis maupun untuk privasi. Untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan diperlukan protokol atau aturan dalam berkomunikasi. Salah satu protokol dalam jaringan yang digunakan pada saat ini adalah IPv4 (Internet Protocol version 4). Tetapi di balik kemudahan dalam berkomunikasi di jaringan, terdapat lubang kelemahan dari protokol komunikasi tersebut. Kelemahan tersebut terletak pada layer 2 dan layer 3, yaitu kelemahan dari protokol ARP yang melakukan pemetaan terhadap alamat IP dengan alamat MAC dari host yang sedang berkomunikasi. Proses permintaan ARP dan pengiriman ARP diperlukan oleh host yang ingin berkomunikasi dalam sebuah jaringan lokal, alamat yang digunakan adalah alamat Ethernet dan tidak lagi menggunakan alamat IP. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para cracker untuk tujuan tidak baik. Salah satu kejahatan yang dilakukan adalah dengan penyamaran (spoofing) alamat sebuah komputer dalam jaringan. Teknik penyamaran yang dibahas kali ini dengan cara melakukan penyembunyian informasi Hardware address (Ethernet address) dari sebuah host di jaringan lokal (LAN). Seorang cracker setelah melakukan ARP Spoofing biasanya dilanjutkan dengan serangan-serangan yang bisa melakukan interupsi terhadap dua komunikasi yang sedang berjalan. Jenis-jenis serangan ini antara lain Man In the Middle, sniffing, TCP hijacking atau session hijacking.
Setelah mengetahui kelemahan-kelemahan tersebut diharapkan agar dapat melakukan penanggulangan spoofing tersebut maupun serangan-serangan yang ditimbulkan setelah melakukan ARP Spoofing.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: