Beranda > Tak Berkategori > VIRTUALISASI SERVER LINUX UBUNTU 8.10 SERVER DENGAN VIRTUALBOX

VIRTUALISASI SERVER LINUX UBUNTU 8.10 SERVER DENGAN VIRTUALBOX

Januari 8, 2010

Didalam era tekhnologi yang canggih ini, kebutuhan akan server sangat diperlukan, terutama untuk instansi-instansi atau perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tuntutan pekerjaan yang memerlukan adanya server.
Dahulu server berbentuk fisik, sekarang hal tersebut sudah tidak menjadi tren lagi, karena ada yang lebih hemat dan lebih efisien, yaitu server virtual, jadi server yang dibuat nantinya berada komputer di dalam komputer. Sehingga hal ini akan menghemat biaya investasi dan juga penghematan ruangan.

Secara sederhana virtualisasi adalah komputer didalam komputer yang di implementasikan oleh software yaitu virtual machine. Sebuah virtual machine menyamakan keseluruhan sistem hardware, mulai dari processor sampai network card, dan memungkinkan beberapa sistem operasi untuk berjalan secara bersamaan. Setiap sistem operasi berada pada partisi software yang berbeda secara independent. (http://wss-id.org/blogs/leonardo/default.aspx 20 Ferbruari 2009).
Teknologi virtualisasi muncul karena adanya keinginan sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun sebuah infrastuktur teknologi informasi ke level yang lebih tinggi tanpa harus dihadapkan pada ongkos investasi yang berlipat. Hal ini sangat penting karena seiring pertumbuhan bisnisnya, perusahaan atau instansi dihadapkan pada kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada naiknya kebutuhan energi, tambahan sumber daya manusia, dan secara keseluruhan akan menaikkan total biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam penerapan virtualisasi, virtual machine merupakan sebuah solusi dalam pengimplementasian virtualisasi karena virtual machine memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian sumber daya secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam virtual machine. Sistem virtual machine adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan virtual machine, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
Pada penerapan virtualisasi server ini, virtual machine yang digunakan yaitu VirtualBox. dan yang dijadikan sebagai host adalah sistem operasi linux Ubuntu 8.10 sedangkan yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server. Linux Ubuntu dipilih karena lisensi linux adalah GNU yaitu sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat. Dan juga dikarenakan linux Ubuntu mempunyai banyak komunitas.
Dengan menggunakan linux Ubuntu sebagai server, berbagai macam kebutuhan seperti DNS server, web server, dan sebagainya bisa diterapkan dengan mudah dan murah karena paket-paket program server tersebut telah disertakan dalam CD linux Ubuntu server yang ada.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: