Beranda > Tak Berkategori > ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NIRKABEL BERBASIS WIFI PADA PT. YAMAZEN INDONESIA

ANALISA DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI NIRKABEL BERBASIS WIFI PADA PT. YAMAZEN INDONESIA

Januari 9, 2010

Tujuan Pembuatan Skripsi ini adalah untuk merancang sebuah jaringan komputer dengan teknologi nirkabel berbasis WiiI, terutama untuk mengatasi masalah yang terjadi dikarenakan perancangan jaringan komputer yang masih berbasis pada teknologi kabel yang pada saat ini masih banyak dipakai serta tidak efisiennya penggunaan bandwith untuk transer file . Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini meliputi dua bagian pokok yaitu metode analisis dan perancangan. Metode analisis digunakan untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan dan metode perancangan digunakan untuk membuat topologi jaringan nirkabel serta pembuatan aplikasi baru untuk transfer file . Hasil yang dicapai adalah rancangan sebuah jaringan yang memiliki mobilitas tinggi dan penghematan bandwith yang sering digunakan untuk transfer file yang telah diatasi oleh aplikasi transfer file . Simpulan yang didapat adalah dengan melakukan pengubahan sistem jaringan dari jaringan ethernet menjadi jaringan nirkabel meningkatkan jumlah client yang dapat mengakes ke dalam jaringan, serta meningkatkan mobilitas karyawan pengguna notebook yang harus berpindah antara ruang engine dan ruang kantor. Selain itu juga dengan penambahan sebuah aplikasi transfer file baru mengurangi trafik penggunaan bandwith internet.

Teknologi Informasi khususnya jaringan komputer pada saat ini telah menjadi salah satu hal yang mendasar dalam semua segi. Sulit dibayangkan pada era teknologi informasi seperti sekarang tanpa menggunakan teknologi jaringan komputer. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan jaringan komputer pada berbagai bantuk baik itu korporat maupun pribadi. Teknologi jaringan komputer telah menjadi telah menjadi salah satu kunci penting dalam era globalisasi dan teknologi informasi.

Salah satu teknologi penting dan menjadi trend dalam jaringan komputer adalah teknologi jaringan komputer nirkabel (Wireless Local Area Network / WLAN). Teknologi ini adalah perkembangan dari teknologi jaringan komputer lokal (Local Area Network) yang memungkinkan efisiensi dalam implementasi dan pengembangan jaringan komputer karena dapat meningkatkan mobilitas user dan mengingat keterbatasan dari teknologi jaringan komputer menggunakan media kabel. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi nirkabel antara lain :
-Mobilitas
User dapat terhubung kedalam jaringan untuk mengakses file , mengambil data serta melakukan koneksi ke internet tanpa perlu menggunakan kabel.

-Kemudahan Instalasi
Jaringan nirkabel lebih mudah untuk diimplementasikan karena tidak membutuhkan pemasangan kabel yang komplekssehingga dapat menghemat waktu.

-Fleksibilitas
Dengan adanya kemudahan instalasi tersebut , maka jaringan komputer nirkabel sangat fleksibel untuk diterapkan.

-Kemudahan Pemeliharaan Jaringan
Jaringan nirkabel relatif lebih mudah untuk dipelihara , dimana perubahan konfigurasi secara fisik jika ada penambahan user maupun perubahan posisi user

Berbagai jenis teknologi jaringan yang menggunakan wireless telah atau akan segera mengangkat pasar bisnis meskipun demikian Wireless LAN melalui standard IEEE 802.11x diperkirakan akan menjadi standard yang umum yang akan dipakai diperusahaan – perusahaan.

Alasan pemilihan topik jaringan nirkabel (Wireless netwok) berbasis WiFi adalah karena perkembangan teknologinirkabel yang sedang mendominasi dunia jaringan. Pada masa sekarang ini Wireless Networking sedang terkenal dan banyak digunakan untuk keperluan rumah dan untuk keperluan bisnis . Penerapan jaringan nirkabel berbasis WiFi ini akan dilakukan pada P.T Yamazen Indonesia.
PT. Yamazen Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan mesin – mesin berat asal Jepang yang sedang berkembang. Salah satu kemajuan yang dirasakan adalah banyaknya komputer baru yang akan menjadi client di domain Yamazen. Banyak karyawan dan mekanik mesin datang dari Jepang untuk maintenace mesin pada client PT. Yamazen Indonesia menambah masalah karena keterbatasan kabel yang tersedia untuk guest sementara yang berkunjung ke PT. Yamazen Indonesia. Masalah ditemukan lagi sewaktu para engineer ingin membagi file atau mentrasnfer ke sesama engineer hasil analisa mesin, dimana gedung yang menyimpan mesin – mesin berjarak cukup jauh dari gedung kantor tempat server yamazen berada. Hal ini menimbulkan ketidak efisiensian karena para engineer harus kembali lagi ke gedung satu ke yang lain untuk membawa data analisa untuk di share ke server yamazen. Pemborosan bandwith internet sangat terasa karena para staff menggunakan sarana email untuk mengirim file ke sesama staff di kantor yang sama.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: