Beranda > Tak Berkategori > Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMU Negeri 13

Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMU Negeri 13

Januari 9, 2010

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia, maka perkembangan teknologi informasi semakin terpacu. Jika dahulu orang – orang hanya dapat berkomunikasi menggunakan surat tetapi sekarang tidak hanya surat yang dapat dijadikan alat komunikasi terlebih setelah ditemukannya telepon, handphone dan lain sebagainya. Beberapa tahun terakhir komunikasi yang sering digunakan adalah menggunakan sarana internet.

Berbicara mengenai internet tentu tidak dapat dilepaskan dari sistem jaringan komputer. Perubahan informasi yang begitu cepat dapat diterima melalui internet. Dengan adanya jaringan pada komputer maka sangat dimungkinkan untuk terjadinya komunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam waktu yang bersamaan, secara cepat dan efisien. Penerapan jaringan komputer kini sudah merambah ke berbagai bidang termasuk untuk keperluan pendidikan.
Bagi dunia pendidikan informasi dan ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Segala perubahan yang begitu cepat harus dapat ditanggapi. Oleh sebab itu, SMA Negeri 13 menambahkan materi pelajaran internet sebagai bagian dari mata pelajaran komputer. SMA Negeri 13 pun menerapkan sistem jaringan komputer sejak bulan Juli 2007.

Jumlah komputer pada laboratorium komputer pada SMA Negeri 13 Palembang sebanyak 48 komputer klien dan satu komputer server. Bandwidth yang dialokasikan sebanyak 32 Kbps. Dengan jumlah bandwidth sebesar 32 Kbps jika seluruh komputer digunakan untuk mengakses internet maka akan terjadi kelambatan akses internet.
Hal inilah yang membuat penulis untuk melakukan analisa terhadap jaringan komputer pada laboratorium komputer SMA Negeri 13 Palembang. Penulis pun menuliskan hasil analisa sebagai laporan Praktek Kerja Lapangan dengan judul “Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMA Negeri 13 Palembang”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: