Beranda > Tak Berkategori > ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN ONLINE PADA SONIC GEAR GALLERY

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN ONLINE PADA SONIC GEAR GALLERY

Januari 9, 2010

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis dan merancang suatu sistem pemasaran online pada Sonic Gear Gallery sehingga dapat membantu
memasarkan produk. Metode yang digunakan adalah metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis digunakan dengan melakukan survey dan kuisioner kepada Sonic Gear Gallery dan konsumen guna mendapatkan analisa yang tepat untuk perancangan sistem pemasaran pada Sonic Gear Gallery. Dengan demikian kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sistem ini.
Hasil yang dicapai dari kedua metode tersebut yaitu berupa sebuah website. Website ini berfungsi sebagai sarana promosi yang juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti fasilitas informasi mengenai produk Sonic Gear, fasilitas pemesanan barang dan fasilitas untuk menampung pertanyaan-pertanyaan dari konsumen. Kesimpulan dari analisis dan perancangan sistem ini adalah bahwa sistem pemasaran melalui internet dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan pemasaran dan pelayanan kepada konsumen. Sistem pemasaran melaui internet ini juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk Sonic Gear. Adapun saran yang dapat digunakan untuk mendukung sistem ini yaitu pengembangan sistem lebih lanjut dengan adanya penambahan aplikasi sistem pembayaran menggunakan credit card, penambahan sistem keamanan untuk meningkatkan keamanan, dan adanya staf-staf khusus yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan pengembangan sistem.

Perkembangan teknologi sekarang ini khususnya teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Saat ini sering sekali kita mendengar mengenai teknologi internet yang merupakan perkembangan terkini dari teknologi informasi. Perkembangan teknologi internet sekarang ini lebih banyak berkembang ke arah user friendly, yang artinya semakin mempermudah pemakai dalam memahami serta menjalankan fungsi internet tersebut. Dalam dunia usaha khususnya bidang pemasaran, internet merupakan salah satu media pemasaran yang bersifat global. Dalam era informasi yang bersifat global, suatu informasi dapat secara mudah dan cepat untuk disebarluaskan dan diperoleh, hal ini dimungkinkan dengan menggunakan teknologi yang sedang populer pada saat ini yaitu internet. Ada berbagai macam fasilitas yang terdapat pada internet, salah satunya adalah World Wide Web, atau WWW, yang juga dikenal sebagai web. Web ini dapat menampung dan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan cakupan yang luas, karena informasinya tersebar secara global melalui situs Web. Masing-masing situs Web tersebut menyediakan informasinya sendiri. Web juga mempunyai kemampuan menampilkan teks, grafik, suara dan video secara bersamaan, sehingga memungkinkan juga untuk merancang sebuah sistem informasi online yang berbasis multimedia, agar dapat diakses oleh setiap orang yang mempunyai akses ke internet dengan menggunakan Web Browser. Banyak sekali kegiatan yang dapat dikerjakan dengan bantuan media komputer dan aplikasi internet. Salah satu dari fungsi internet yang menjadi fokus penelitian ini adalah kemampuannya untuk melakukan kegiatan pemasaran secara online bagi siapa saja yang membutuhkannya dan terhubung dengan media internet tersebut. Sonic Gear Gallery adalah salah satu distributor Sonic Gear yang berada di Indonesia, khususnya di Jakarta. Produk Sonic Gear antara lain speaker, mouse, sound card dan USB flash disk. Tujuannya adalah memasarkan dan menjual produk-produk Sonic Gear kepada konsumen sehingga banyak orang yang dapat mengenal produkproduk Sonic Gear. Sistem pemasaran Sonic Gear Gallery ini masih bersifat manual. Untuk masa yang mendatang dimana teknologi informasi telah menjadi suatu nilai tambah dalam dunia bisnis serta memberi kemampuan lebih dalam bersaing, maka hasil dari penelitian pada Sonic Gear Gallery ini akan diimplementasikan ke dalam sistem pemasaran online dengan maksud untuk menambah daya saing dan mempersiapkan Sonic Gear Gallery memasuki era bisnis yang berbasis teknologi informasi.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: