Beranda > Tak Berkategori > desain sistem alikasi rawat inap pada RS UPTD SUrakarta

desain sistem alikasi rawat inap pada RS UPTD SUrakarta

Januari 9, 2010

Laporan berjudul “Desain Sistem Aplikasi Rawat Inap Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sakit Daerah Kota Surakarta” ini disusun berdasarkan survey lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2006, pada bagian administrasi dan survey secara periodik di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit Daerah (RSD) Kota Surakarta. Tujuan Laporan Kerja Praktek ini adalah untuk menyusun Desain Sistem Aplikasi Rawat Inap Pada UPTD RSD Kota Surakarta yang meliputi proses : Pengolahan Data Pasien, Pengolahan Data Bayi, Pengolahan Data Kamar, Pengolahan Data Obat, Pengolahan Data Dokter, Transaksi Pasien Inap, Transaksi Mutasi Pasien, Transaksi Biaya Obat/ Penggunaan Obat, Transaksi Pembayaran Pasien/ Perhitungan Biaya Rawat Inap, Pencetakan Laporan-Laporan.

Manfaat Desain Sistem Aplikasi ini nantinya untuk dapat menjadi pedoman dalam pembuatan program aplikasi bila nanti akan dibuat dan bermanfaat bagi kemajuan rumah sakit.
Dalam membuat Laporan Kerja Praktek ini, penulis menggunakan teknik-teknik pengumpulan data, meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Teknik studi lapangan meliputi : teknik observasi dan teknik interview. Sedangkan studi pustaka meliputi : penelitian kepustakaan dengan mencari buku-buku acuan yang berhubungan dengan masalah yang penulis bahas.
Operasional kerja pada UPTD RSD Kota Surakarta masih dilakukan secara manual dengan cara mencatat semua transaksi menggunakan alat tulis buku dan bollpoint terkesan menyita banyak waktu dan tenaga yang seringkali juga terdapat kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Sehingga perlu diadakan sebuah Desain Sistem Aplikasi di UPTD RSD Kota Surakarta tersebut, agar kelak nantinya dapat menjadi panduan dalam pembuatan program aplikasi supaya tercipta operasional kerja yang efisien dan pelayanannya dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.
Penyusunan Laporan Kerja Praktek Desain Sitem Aplikasi Rawat Inap Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sakit Daerah Kota Surakarta ini diharapkan dapat membantu kelancaran pembuatan program.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: