Beranda > Tak Berkategori > Instalasi Komunikasi Data dan Suara (VoIP) dengan Koneksi VSAT

Instalasi Komunikasi Data dan Suara (VoIP) dengan Koneksi VSAT

Januari 9, 2010

Pemanfaatan teknologi komunikasi gratis akan sangat membantu peran serta dalam kegiatan sehari hari di dalam mendapatkan Informasi

Di era globalisasi ini kebutuhan manusia sangatlah meningkat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin mengalami banyak peningkatan. Salah satu teknologi yang sedang berkembang di masyarakat adalah teknologi komunikasi data dan suara. Dengan adanya komunikasi data dan suara tersebut sangatlah membantu keperluan dalam hidup untuk pertukaran informasi tanpa mengeluarkan biaya besar atau bahkan gratis. Dan teknologi ini bisa kita manfaatkan baik untuk lokal maupun global.
Teknologi komunikasi data dan suara ini, akan lebih berkembang lagi jika didukung oleh fasilitas teknologi jaringan VSAT. Dewasa ini sangatlah banyak para penggunan jaringan komputer dan internet, dari itulah teknologi VSAT akan sangat mendukung bagi para pengguna internet dalam melakukan komunikasi data dan suara.

Sebelum adanya jaringan, orang yang ingin melakukan sharing data informasi sangatlah terbatas pada hal-hal sebagai berikut :
1. Melalui telepon atau media komunikasi.
2. Menulis memo.
3. Menyimpan data pada Floopy Disk dan mengcopy data tersebut ke komputer yang membutuhkan.
Jaringan dapat digunakan untuk standarisasi aplikasi sehingga semua user menggunakan jenis dan versi aplikasi yang sama. Hal ini akan memudahkan manajemen training dan support yang di butuhkan untuk menjalankan aplikasi.
Atas latar belakang di atas penulis memilih tempat untuk melakukan observasi pada ICT YAMSIK dalam Jaringan Pendidikan Nasional (JARDIKNAS), yang di mana teknologi jaringan komunikasi data dan suara pada clientnya belum sepenuhnya terpasang, sehingga kalau dibiarkan maka akan menghambat dan berakibat seperti :
a.Kurang efektifnya penyampaian informasi.
b.Kurang efisiennya waktu.
c.Kemungkinan terjadi kekeliruan dalam penyampaian data.
d.Dalam penyimpanannya data dapat tercampur, tercecer atau bahkan hilang.
Dalam penyampaian informasi dengan menggunakan teknologi VoIP (Voice Over Internet Protokol), maka penerapan dalam melakukan komunikasi data dan informasi pada ICT YAMSIK dalam Jaringan Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) akan sangatlah efektif dan akan mengurangi kekeliruan dalam penyampaian informasi atau data. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, penulis mengambil judul : “INSTALASI SHARING DATA DAN SUARA ICT YAMSIK DALAM JARINGAN PENDIDIKAN NASIONAL (JARDIKNAS)“.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: