Beranda > Tak Berkategori > Kajian dan Implementasi Kriptografi Sebagai Sarana Keamanan Data dengan Metode Bit Manipulation

Kajian dan Implementasi Kriptografi Sebagai Sarana Keamanan Data dengan Metode Bit Manipulation

Januari 9, 2010

Data dalam dunia informatika sangatlah penting peranannya, hal ini karena dalam sebuah proses suatu operasi logika, pastilah diperlukan suatu input yang berupa data, sedangkan basis dari sebuah data bisa bermacam-macam, antara lain bisa berupa text, sinyal listrik, gelombang, gerakan suatu objek, dan lain sebagainya. Karena pentingnya sebuah data itu bagi proses yang akan dijalankan, maka untuk itu diperlukan suatu metode pengamanan data, yang tujuan utamanya untuk melindungi data dari gangguan-gangguan dari tangan-tangan user yang tidak berkepentingan atau yang lebih dikenal sebagai hacker. Pada Tugas akhir ini akan dibahas salah satu aspek pengamanan data menggunakan kriptografi dengan metode Bit Manipulation yang diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk mengamankan data.

Dewasa ini perkembangan kebutuhan informasi yang aktual bagi para pengguna (user), makin semarak saja. Hal ini terbukti dengan adanya saling tukar-menukar informasi antar user via komputer. Proses tukar menukar informasi atau data tersebut dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu :
a. Kabel secara langsung yang biasa dikenal dengan jaringan kerja (Networking), biasanya terjadi pada satu lokasi terbatas (LAN / Local Area Network).
b. Satelit untuk pertukaran informasi jarak jauh (WAN/ Wide Area Network, Internet/ Cyber Space ).
Dengan adanya sistem Network ( Jaringan ), dimana data dari satu tempat ke tempat lain dapat ditransfer dalam waktu beberapa detik saja. Hal ini tentu saja mengubah cara kerja dari para user, diantaranya yaitu dengan diperolehnya efisiensi, efektifitas kerja dan penghematan biaya.
Dari kemudahan-kemudahan yang ada pada Computer Networking tersebut, ternyata disisi lain menimbulkan dampak yang negatif bagi keamanan suatu data atau informasi dari rongrongan pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya keterbukaan sistem jaringan komputer tersebut juga memberikan kesempatan bagi para penjahat komputer ( Hackers ), untuk dapat mengakses sistem komputer user lain ataupun instansi pemerintahan dengan berbagai macam cara.
Berdasarkan dari kenyataan yang berkembang tersebut, maka diperlukan cara-cara untuk menjaga keamanan data yang sifatnya rahasia tersebut terhadap usaha-usaha pencurian, perusakan ataupun pemalsuan data tersebut. Untuk keperluan
keamanan data tersebut, maka dikembangkan metode-metode pengamanan data yang berbasis pada ilmu penyandian ( kriptografi ).

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: