Beranda > Tak Berkategori > komputerisasi pengolahan data pegawai

komputerisasi pengolahan data pegawai

Januari 9, 2010

Suatu perusahaan dikatakan berhasil bila perusahaan tersebut makin berkembang. Dan keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi akan terwujud apabila adanya keseimbangan antara kegiatan-kegiatan yang ada dalam manajemen perusahaan termasuk sumber daya manusia.
Peranan komputer tidak dapat dielakkan lagi terlebih pada suatu keadaan dimana eksistensinya sangat mendesak untuk segera dipenuhinya, disadari pula karena keterbatasan dan kemampuan manusia dalam menangani informasi secara manual akan menghadapi suatu kesulitan. Dari sistem yang telah dibuat yaitu komputerisasi pengolahan data pegawai pada perusahaan “Suri Mas” Cikampek diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menangani pengolahan data pegawai yang ada, karena selama ini pengolahan data pegawai dilakukan dengan cara lama yaitu manual. Adapun program yang dibuat adalah dengan menggunakan program Visual Foxpro 6.0.
Adapun keuntungan yang akan diperoleh antara lain : sistem komputerisasi yang optimal dapat meningkatkan efisiensi kerja, dalam melaksanakan pemrosesan data telah disusun menjadi prosedur-prosedur terprogram hingga logika pengolahan data dapat dilihat dengan memahami DFDnya, program disusun dalam menu-menu yang berkaitan sehingga tampilan dan hasil proses dapat mudah dipahami.

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis dan usaha dewasa ini, berbagai strategi dan teknik telah banyak digunakan dalam upaya mendukung kemajuan bisnis dan usaha tersebut. Demikian juga dengan persaingan yang terjadi, banyak cara atau metode yang dapat digunakan suatu perusahaan pada lingkungan usaha yang tumbuh dan berkembang ini. Cara yang sering dilakukan oleh perusahaan agar tetap dapat bertahan dalam persaingan adalah dengan jalan meningkatkan efisiensi kerja. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan komputerisasi fungsi-fungsi dari usaha perusahaan untuk memperoleh suatu informasi mengenai keadaan dan perkembangan perusahaan tersebut.
Peranan komputer tidak dapat dielakkan lagi terlebih pada suatu keadaan dimana eksistensinya sangat mendesak untuk segera dipenuhi, disadari pula karena keterbatasan dan kemampuan manusia dalam menangani informasi secara manual akan menghadapi suatu kesulitan.
Banyak aspek atau ilmu pengetahuan yang harus dikuasai oleh seseorang bila ingin terjun berkarya dibidang pembuatan sistem informasi berbasis komputer. Selain bahasa pemrograman sendiri, juga dituntut untuk menguasai berbagai pengetahuan lain yang mendukung antara lain analisa dan perancangan sistem yang berisikan tentang konsep dan cara menganalisa, merancang sistem informasi dengan teknik dan alat-alat yang digunakan.
Seiring dengan perkembangan teknologi, maka berkembang pula usaha-usaha manusia untuk meningkatkan kualitas kerja disegala bidang yang meliputi kegiatan individu, organisasi maupun badan usaha.
Adapun tujuan perusahaan pada umumnya adalah menjamin kelancaran dan kelangsungan hidup dari perusahaan tersebut. Kegiatan-kegiatan perusahaan yang tidak terencana dan tidak terkendali cenderung membuahkan pemborosan, yang pada akhirnya dapat memperpendek umur perusahaan tersebut. Begitu pula yang diharapkan Perusahaan “Suri Mas” Cikampek, maka perusahaan harus mempunyai beberapa kebijakan dalam mencapai tujuannya. Untuk dapat berkembang Perusahaan “Suri Mas” Cikampek selain melakukan strategi pemasaran yang baik, juga perlu melakukan pembenahan administrasi seperti pengolahan data pegawai yang berbasis komputer.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka penulis mengambil judul “Komputerisasi Pengolahan Data Pegawai Pada Perusahaan “Suri Mas” Cikampek Dengan Menggunakan Program Visual Foxpro 6.0”

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: