Beranda > Tak Berkategori > KOMPUTERISASI SISTEM PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN PADA SMU NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

KOMPUTERISASI SISTEM PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN PADA SMU NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

Januari 9, 2010

Komputer sebagai salah satu alat bantu pengelolaan data yang bersifat rutin, karena mempunyai kemampuan yang tinggi dalam hal ketelitian, kecepatan proses yang tinggi, kapasitas penyimpanan data yang besar sehingga lebih efisien terhadap biaya, waktu dan tenaga. Komputer juga unggul dalam sarana penggunaannya.

Perkembangan dunia komputer beberapa tahun terakhir maju dengan pesat, baik pada perangkat keras maupun pada perangkat lunak. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut khususnya didalam penyajian suatu informasi karena saat ini kebutuhan masyarakat terhadap suatu informasi sangat besar.
Di Indonesia sendiri pengelolaan informasi dan data mulai menjadi perhatian, walaupun masih relatif kecil dibanding negara-negara tetangga. Pengelolaan sumber daya ini tidak hanya dilakukan dalam bidang konteks ekonomi secara harfiah, namun diseluruh bidang yang berkaitan, misalnya pendidikan. Untuk pengelolaan manajemen disekolah-sekolah maupun perguruan tinggi sebagaian besar masih berupa data-data yang tidak beraturan.
Saat ini informasi yang disampaikan terkadang masih bersifat manual, artinya penyediaan informasi yang disampaikan masih melibatkan manusia sebagai penyampaian secara langsung. Kalau ditinjau dari segi keefektifitasannya ada beberapa kelemahan dari informasi yang disampaikan secara manual diantaranya adalah faktor manusia itu sendiri. Sebagai manusia tentu saja tidak lepas dari kebutuhan-kebutuhan alamiah, sehingga akan meninggalkan tugasnya sebagai informan. Kemudian, kurang efisiennya manusia dalam peyampaian informasi yang ingin disampaikan.
Di perpustakaan SMU Negeri 2 Bantul, pengelolaan datanya masih bersifat manual. Sehingga sering terjadi kesalahan dalam pencarian data. Maka diperlukan komputerisasi sistem informasi pengolahan data agar mempermudah dan mempercepat dalam peningkatan dalam kualitas pelayanan antara lain peminjaman dan pengembalian buku. Komputer sebagai salah satu alat bantu pengelolaan data yang bersifat rutin, karena mempunyai kemampuan yang tinggi dalam hal ketelitian, kecepatan proses yang tinggi, kapasitas penyimpanan data yang besar sehingga lebih efisien terhadap biaya, waktu dan tenaga. Komputer juga unggul dalam sarana penggunaannya.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: