Beranda > Tak Berkategori > perancangan aplikasi cash register menggunakan visual foxpro

perancangan aplikasi cash register menggunakan visual foxpro

Januari 9, 2010

Seperti yang kita lihat pada kehidupan sehari-hari, bahwa kebayakan proses jual-beli yang dilakukan di toko-toko seperti supermarket, swalayan ataupun agen-agen sembako dan lainnya, masih saja dilakukan dengan cara-cara kuno sehingga seringkali terjadi kesalahan terutama dalam hal keuangan. Untuk itu diperlukan cara baru yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini meliputi : 1. Studi Literatur sebagai pedoman dasar kegiatan penelitian dan langkah-langkah kerja yang bersumber pada reverensi-reverensi. 2. Observasi dilakukan dengan melakukan studi perbandingan antara aplikasi Cash Register di toko yang satu dengan toko lainnya.

Dalam tugas akhir ini telah berhasil dibuat sebuah aplikasi komputer yang dapat digunakan dalam melakukan transaksi jual-beli yang bersifat cash atau tunai. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang Cash Register. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual FoxPro 9.0 dan dapat diimplementasikan dengan baik dengan Sistem Operasi Microsoft Windows. Pada pengujian program digunakan teknik Basis Path System pada metode White Box yang menggunakan rumus V(G) = E – N + 2 dimana V(G) adalah jumlah Region pada flowgraph, E adalah jumlah Edge, dan N adalah jumlah Node pada flowgraph. Hasil pengujian kali ini untuk flowgraph data barang didapat 3 Region, untuk flowgraph droping didapat 5 region, dan untuk flowgraph penjualan didapat 4 region. Yang mana region inilah yang menentukan alur program pertransaksi.

Perkembangan teknologi terutama pada bidang komputer sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik itu perkembangan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Kemajuan pada bidang software ini sendiri sangat membantu bagi dunia bisnis dan usaha baik yang bergerak pada bidang usaha barang maupun jasa.
Membangun suatu aplikasi yang berbasis windows ini dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman, salah satunya dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual FoxPro. FoxPro merupakan suatu bahasa pemrograman berorientasi obyek yang berbaisis Windows.
Dalam proposal tugas akhir ini akan dibangun suatu program aplikasi Cash Register yang berbasis Windows yang dapat menggantikan posisi mesin Cash Register yang sampai saat ini masih digunakan di supermarket, swalayan, atupun toko-toko kecil. Dimana dengan aplikasi ini, pendataan barang dan transaksi penjualan bisa lebih mudah dan akurat, selain itu dapat juga melakukan suatu kontrol intern dengan membuat laporan penjualan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah dipaparkan di atas maka penulis mencoba mengajukan penelitian tugas akhir dengan judul
“PERANCANGAN APLIKASI CASH REGISTER MENGGUNAKAN VISUAL FOXPRO”.
Alasan perlunya adanya aplikasi Cash Register di supermarket, swalayan, ataupun toko-toko yaitu setiap transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan lebih akurat.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: