Beranda > Tak Berkategori > Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Pada PT. Restu Mahkota Karya

Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Pada PT. Restu Mahkota Karya

Januari 9, 2010

Tujuan Penelitian : Untuk melihat sejauh mana sistem penjualan kredit yang digunakan selama ini di PT. Restu Mahkota Karya dan tingkat kinerjanya, serta apakah sistem penjualan kredit yang digunakan selama ini efektif dan efesien untuk mendapatkan keuntungan seoptimal mungkin.
Temuan Data : Dari penelitian yang dilakukan, penulis menemukan kelemahan dari sistem yang digunakan selama ini yaitu sistem penjualan kredit yang digunakan selama dinilai kurang efektif dan efesien karena membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan calon pembeli atau customer dan proses kreditnya.
Kesimpulan : Dirancang sebuah sistem penjualan berbasis web yang dapat diakses oleh calon pembeli dan pengujung web sehingga calon pembeli dapat mengetahui informasi tentang kendaraan yang ditawarkan secara detail, membeli dan simulasi kredit secara langsung.
Saran : Aplikasi web yang dibuat agar didesain lebih menarik lagi dan dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan di masa akan datang, dan keamanan data customer dapat dijaga kerahasiannya dengan security sistem yang bagus.

Berkembangnya usaha-usaha perdagangan yang sangat pesat pada saat ini menjadikan informasi sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.
Teknologi internet sudah terbukti merupakan salah satu media informasi yang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat mengambil keputusan dengan cepat. Transaksi secara online dapat menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi oleh suatu ruang dan waktu.
Itu berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang potensial dari seluruh dunia.
Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh PT. Restu Mahkota Karya adalah dengan cara kerjasama dengan dealer-dealer mobil untuk memasarkan mobil. Sistem penjualan dengan cara ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses penjualan mobil tersebut maka sistem ini dinilai kurang efektif dan efesien. Jika hanya mengandalkan sistem penjualan dengan cara tersebut maka pendapatan perusahaan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu perkembangan perusahaan terasa dinilai agak lambat. Oleh karena itu dirancang suatu sistem penjualan secara online dengan menggunakan media web atau internet dengan tujuan untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: