Beranda > Tak Berkategori > Perangkat lunak bantu penyederhanaan Fungsi Boolean dengan metode Quine Mc Cluskey

Perangkat lunak bantu penyederhanaan Fungsi Boolean dengan metode Quine Mc Cluskey

Januari 9, 2010

Penyederhanaan Fungsi Boolean dalam ilmu logika matematika terdapat tiga cara, yaitu dengan cara aljabar, peta karnaugh dan metode Quine Mc Cluskey. Penyederhanaan dengan jumlah peubah banyak akan semakin rumit dikerjakan, untuk itu perlu dibangun sebuah perangkat lunak bantu untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Perangkat lunak bantu penyederhanaan fungsi boolean dengan metode Quine Mc Cluskey ini disajikan setidaknya akan membantu mereka yang sedang dalam belajar penyedehanaan fungsi boolean. Dalam hal ini dengan metode Quine Mc Cluskey. Karena perangkat lunak ini mampu menyelesaikan persoalan-persoalan penyederhanaan fungsi boolean beserta langkah-langkahnya dengan jumlah peubah yang telah ditentukan.

Logika Matematika atau Aljabar Boolean adalah cabang ilmu matematika yang lebih mempelajari tentang logika. Logika ini mempunyai peranan sangat mendasar dalam perkembangan teknologi komputer, karena logika digunakan dalam berbagai aspek di lingkungan komputer seperti arsitektur komputer, pemrograman, basis data dan sebagainya. Di bidang arsitektur komputer, logika digunakan dalam merancang komputer itu sendiri karena sirkuit komputer hanyalah berupa serangkaian kombinasi lojik dari beberapa bit untuk membentuk instruksi.
Di dalam logika matematika terdapat tiga cara untuk menyederhanakan Fungsi Boolean, yaitu secara aljabar, proyeksi ke Peta Karnaugh dan tabulasi (metode Quine Mc Cluskey). Penyederhanaan Fungsi Boolean dimaksudkan untuk memperoleh fungsi yang menghasilkan nilai yang sama dengan jumlah operasi yang minimum. Bentuk yang terbaik ini dimaksudkan untuk memperoleh biaya minimum dalam pembuatan sirkuit elektronik dan menghasilkan kinerja yang cepat dalam pengoperasian.
Dengan keterbatasan penyelesaian penyederhanaan secara aljabar, maka penggunaan metode Peta Karnaugh dan metode Quine Mc Cluskey lebih sering digunakan. Kedua metode ini lebih mampu menyederhanakan Fungsi Boolean dengan banyak peubah. Tetapi penggunaan peta Karnaugh dalam menyederhanakan fungsi yang lebih dari 4 peubah akan lebih rumit dikerjakan. Untuk itu metode Quine Mc Cluskey menjadi pilihan lain. Namun penggunaan metode Quine Mc Cluskey pun akan lebih membutuhkan ketelitian yang tinggi dan memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya bila fungsi yang digunakan memiliki peubah semakin banyak.
Untuk mengurangi kesalahan yang terjadi dalam penyederhanaan Fungsi Boolean dengan metode Quine Mc.Cluskey, penulis mencoba untuk membuat suatu perangkat lunak bantu untuk menyederhanakan Fungsi Boolean dengan metode Quine Mc Cluskey. Pembuatan perangkat lunak ini penulis tuangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul “Perangkat lunak bantu penyederhanaan Fungsi Boolean dengan metode Quine Mc Cluskey”, sebagai salah satu syarat kelulusan jenjang strata satu Teknik Informatika di STMIK Mardira Indonesia.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: