Beranda > Tak Berkategori > RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KAMUS INDONESIA – ACEH

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KAMUS INDONESIA – ACEH

Januari 9, 2010

Komunikasi adalah salah satu bentuk Interaksi antara satu pihak dengan pihak yang pihak lain. Komunikasi antar manusia sering juga dilakukan dengan dibantu oleh sebuah sarana yaitu bahasa. Karena manusia itu terdiri dari berbagai ragam suku dan bangsa maka beragam atau bermacam juga jenis dan dialek bahasa sehingga kadang kala ada satu suku atau bangsa yang sulit berkomunikasi dengan bangsa atau suku lain.
Bahasa Indonesia mengukuhkan kesejatian identitas bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia dalam perkembangan telah memenuhi segala syarat bahasa Nasional maka wajiblah kita mengusahakan segala kelengkapannya demi kesempurnaan fungsinya.
Bahasa Aceh sebagai bahasa daerah yang terdapat dalam Negara Indonesia juga sebagai bentuk identitas daerah Aceh yang memiliki berbagai keistimewaan. Bahasa Aceh merupakan media komunikasi yang sudah turun temurun di gunakan dalam percakapan sehari-hari.
Tentang kendala komunikasi yang kadang terjadi dan tanpa disadari telah sedikit menghambat untuk berinteraksi serta berkomunikasi, disamping itu juga kadang kala terjadi kesalahan dalam proses penerjemahan, dalam hal ini khususnya adalah penerjemahan kata dari bahasa Indonesia kedalam kata bahasa Aceh.

Komunikasi adalah salah satu bentuk Interaksi antara satu pihak dengan pihak yang pihak lain. Komunikasi antar manusia sering juga dilakukan dengan dibantu oleh sebuah sarana yaitu bahasa. Karena manusia itu terdiri dari berbagai ragam suku dan bangsa maka beragam atau bermacam juga jenis dan dialek bahasa sehingga kadang kala ada satu suku atau bangsa yang sulit berkomunikasi dengan bangsa atau suku lain. Maka bahasa sangat memegang peranan penting dalam berkomunikasi terutama diluar komunitas kita.
Dalam rentang waktu enam puluh tahun sejak Sumpah Pemuda menegaskan makna bahasa Indonesia sebagai bahasa kebangsaan Indonesia, maka berkembanglah bahasa Indonesia dengan kepesatan luar biasa. Berbagai faktor berpengaruh terhadap perkembangan itu, namun yang terutama adalah kesungguhan kita untuk mengembangkannya sebagai bahasa Nasional yang memenuhi syarat untuk segala keperluan berbahasa.
Bahasa Indonesia mengukuhkan kesejatian identitas Indonesia karena bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang sejalan dengan kebangkitan kesadaran Nasional Indonesia, maka tepatlah kita menilai bahasa Indonesia sebagai suatu hasil perkembangan perikehidupan berbudaya dan berbangsa Indonesia. Bahasa Indonesia dalam perkembangan telah memenuhi segala syarat bahasa Nasional maka wajiblah kita mengusahakan segala kelengkapannya demi kesempurnaan fungsinya.
Bahasa Aceh sebagai bahasa daerah yang terdapat dalam Negara Indonesia juga sebagai bentuk identitas daerah Aceh yang memiliki berbagai keistimewaan. Bahasa Aceh merupakan media komunikasi yang sudah turun temurun di gunakan dalam percakapan sehari-hari.
Bahasa Aceh adalah salah satu bahasa daerah yang juga memiliki nilai sastra yang sering dituangkan dalam bentuk syair-syair, sehingga disamping berfungsi sebagai media komunikasi juga dapat menambah nilai keragaman kebudayaan di Indonesia sebagai sebuah negara yang memiliki berbagai entik suku dan keunikan budaya.
Tentang kendala komunikasi yang kadang terjadi dan tanpa disadari telah sedikit menghambat untuk berinteraksi serta berkomunikasi dengan suku dari daerah lain . Disamping itu juga sering terjadi kesalahan dalam proses penerjemahan, dalam hal ini khususnya adalah penerjemahan kata dari bahasa Indonesia kedalam kata bahasa Aceh .
Dapat dilihat pula bahwa begitu pentingnya sebuah bahasa dalam suatu komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan pihak lain sehingga kita dapat diterima dalam suatu komunitas yang diluar komunitas kita.
Untuk mengantisipasi kendala dalam berkominikasi tersebut maka penulis yang terinspirasi dari software linguistic berusaha untuk mencari solusi dengan merancang sebuah “ Rancangan Dan Implementasi Perangkat Lunak Kamus Indonesia – Aceh “ yang diharapkan dapat mempermudah dalam terjemahan kata dari bahasa Indonesia kedalam kata bahasa Aceh serta untuk dapat menambah perbendaharaan kosa kata

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: