Beranda > Tak Berkategori > REMOTE ACCESS PADA JARINGAN WINDOWS BERBASIS PROTOKOL TCP/IP

REMOTE ACCESS PADA JARINGAN WINDOWS BERBASIS PROTOKOL TCP/IP

Januari 9, 2010

Dengan meningkatnya kebutuhan akan komputer sebagai sarana dan alat bantu kebutuhan manusia, juga dengan bertambahnya kebutuhan data sebagai bahan masukan dalam berbagai proses, maka berhubungan juga dengan sarana dalam pembagian atau pengaturan suatu data dalam sistem jaringan kerja.
Hal tersebut diatas berhubungan juga langsung dengan seorang Administrator suatu jaringan dalam memanajemen atau mengatur jaringan tersebut.
Dengan alasan tersebut diatas, maka pada tugas akhir ini saya berusaha untuk memberikan jalan keluar pada sistem kontrol Administrator jaringan.
Pada sistem ini seorang Administrator jaringan lebih mudah menangani pekerjaannya tanpa harus mendatangi komputer Client , sebagaian kecil misalnya untuk memberitahukan sesuatu ataupun untuk membackup data Client , hal tersebut cukup dilakukan pada sebuah komputer yang akan dijalankan Administrator . Bahkan untuk menshut down cukup dilakukan dari komputer Administrator sendiri.
Sebagai gambaran sistem ini dapat digunakan pada sebuah perusahaan, yang setiap hari datanya harus dibackup setelah Client selesai melaksanakan aktifitasnya, disini Administrator cukup memberikan pesan lalu mengirimkan ke komputer Client misal “ KOMPUTER JANGAN DIMATIKAN DATA AKAN DIBACKUP “, pesan tersebut akan langsung tampil dilayar komputer Client.
Setelah kejadian tersebut Administrator sendiri bisa langsung membackup komputer Client ataupun dengan cara otomatis, kemudian menshut down komputer Client dari komputer Administrator .

Di era Millenium baru yang telah kita masuki pada saat ini tentunya sejalan dengan terus berkembangnya pembangunan yang semakin memperbaiki dan melengkapi kekurangan – kekurangan yang selalu nampak pada setiap perkembangan informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun oleh perusahaan-perusahaan swasta.
Berdasarkan hal tersebut tentunya segala aspek kehidupan menjadi pertimbangan tersendiri atas berjalannya kemajuan yang mungkin hanya beberapa pihak atau organisasi tertentu yang memandang perlu mengikutsertakan perkembangan teknologi khususnya pada teknologi komputerisasi yang semakin hari semakin meningkat sejalan dengan kebutuhan pasar yang terus menuntut keefektifan, kemudahan, kecepatan sampai dengan keringanan pembiayaan untuk mendapatkan hasil dan kepuasan yang diinginkan.
Melihat dari begitu pesatnya dunia teknologi khususnya dibidang komputerisasi maka sudah selayaknya hal ini menjadi satu dari sekian alternatif untuk mendapatkan kemudahan yang ditawarkan diatas dalam menunjang pembangunan yang tentunya dipengaruhi oleh teknologi komputer. Semakin kedepan maka semakin baik dan kemudahan yang selalu ditawarkan teknologi ini sehingga semakin dicari serta dibutuhkan oleh para pengguna teknologi informasi ini.

Abad 21 dikenal dengan abad informasi dimulai dengan ditemukannya mesin pintar, yaitu komputer yang makin lama berkembang makin canggih sampai dengan lahirnya perpaduan kreatif antara teknologi komputer dengan telpon, yang populer dengan istilah kawin agung antara komputer dengan telpon.
Saat ini, alih data secara cepat dan akurat menjadi kebutuhan yang mendesak. Hampir setiap orang, atau perusahaan membutuhkan alih informasi untuk mendukung usahanya. Suatu perusahaan mungkin menginginkan bisa memperoleh data dari lapangan secara otomatis. Baik secara real-time maupun tidak. Tentu akan menjadi tidak efesien jika setiap kali ingin melihat atau memperoleh data karyawan harus datang ketempat alat tersebut berada (yang letaknya terpisah dengan kantor pusat). Begitu juga dalam mengendalikan alat, akan sangat meningkatkan efesiensi waktu, tenaga dan biaya jika alat tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Komunikasi data melalui jaringan komputer menjadi alternatif yang paling baik, karena memungkinkan alih informasi secara cepat dan akurat.

Dengan perpaduan teknologi ini kita dimungkinkan untuk mengirim dan menerima data sekaligus mengolahnya tanpa dibatasi oleh jarak, dimana saja dan kapan saja sepanjang ditempat tersebut ada fasilitas telpon, hal inilah yang mendasari beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah dalam melaksanakan konsep kerja jarak jauh.

Pada pembahasan tersebut diatas, kita akan menspesifikasikan Remote Access Pada Jaringan Windows Berbasis Protokol TCP/IP, hal tersebut didasari dengan diberikannya kemudahan kepada seorang Administrator pada sebuah perusahaan dalam melaksanakan fungsinya, baik itu sebagai backup operator, auto shut down operator ataupun pengiriman data dan pesan dan lain sebagainya, dan yang terpenting adalah sebagai kendali pada manajemen suatu jaringan.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: