Beranda > Tak Berkategori > Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama pada bidang informasi dan komputerisasi. Dengan adanya perkembangan yang pesat pada bidang informasi dan kompurisasi saat ini, setiap manusia dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Untuk itulah sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah saat ini banyak menggunakan sistem komputansi sebagai penunjang dalam setiap kegiatan. Kemajuan di bidang teknologi ini telah mempengaruh

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama pada bidang informasi dan komputerisasi. Dengan adanya perkembangan yang pesat pada bidang informasi dan kompurisasi saat ini, setiap manusia dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Untuk itulah sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah saat ini banyak menggunakan sistem komputansi sebagai penunjang dalam setiap kegiatan. Kemajuan di bidang teknologi ini telah mempengaruh

Januari 9, 2010

Sistem otomatisasi perparkiran Universitas Widyatama merupakan suatu sistem yang dirancang berbasis komputer untuk dapat meningkatkan pelayanan perparkiran seiring dengan diraihnya sertifikat ISO 9001 oleh Universitas Widyatama dimana sistem ini menggunakan BarcodeID sebagai pengganti kartu parkir. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai monitoring frekuensi kendaraan dalam suatu kurun waktu tertentu, sebagai pendukung pengambilan keputusan dalam pengembangan luas area perparkiran dan juga dapat meningkatkan keamanan di lingkungan Universitas Widyatama.
Proses pembangunan sistem dimulai dengan tahap analisis sistem kemudian dilakukan perancangan yang meliputi perancangan proses dan perancangan basis data. Perancangan proses dilakukan dengan menggunakan tool Data Flow Diagram (DFD) yang kemudian ditransformasikan kedalam modul-modul program untuk keperluan implementasi. Sedangkan perancangan basis data dilakukan dengan metode pemodelan Entity Relationship Diagram (ER-Diagram).
Implementasi pembangunan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6, Active Server Pages (ASP) dan menggunakan Microsoft Access XP sebagai Database Management System.

Perkembangan dunia komputer yang semakin kompleks mendorong setiap individu ataupun kelompok mau tidak mau harus menerapkannya dalam segala aktivitas. Mau disadari atau tidak setiap sistem yang ada seakan kurang lengkap kalau masih menggunakan model ataupun pengarsipan secara manual. Pentingnya penggunaan komputer dapat dirasakan diseluruh bidang agar dapat berkompetensi dalam mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat.
Universitas Widyatama merupakan salah satu Universitas yang terkenal di Bandung yang telah meraih sertifikat ISO 9001. Ini berarti bahwa kualitas pendidikan dan pelayanan di Universitas Widyatama mutunya telah diakui oleh International Standard Organization. Ada baiknya dengan diraihnya sertifikat ISO 9001 ini, dibarengi juga dengan peningkatan manajemen lainnya, misalnya dalam hal pengelolaan perparkiran dan pelayanan perparkiran di lingkungan Universitas walaupun hal ini bukan merupakan salah satu syarat untuk meraih sertifikat ISO 9001.
Universitas Widyatama masih menggunakan sistem perparkiran manual yaitu dengan mengambil karcis tanda masuk lalu membayar dengan jumlah tertentu setiap kali masuk. Hal ini akan memberatkan mahasiswa sebab harus membayar tiap kali masuk atau apabila ada seorang mahasiswa dalam sehari beberapa kali keluar masuk untuk memarkir kendaraannya.
Dikasus yang lain apabila Universitas ingin mengetahui banyaknya pemasukan yang dapat diraih dalam jangka waktu tertentu dari perparkiran akan mengalami kesulitan sebab tidak ada data yang real mengenai jumlah kendaraan yang masuk ataupun keluar karena Universitas sendiri masih menggunakan sistem perparkiran manual. Besarnya dana yang masuk dalam suatu kurun waktu tertentu hanya berdasarkan pada besarnya dana yang ada pada kotak penyimpanan uang. Dana yang ada di dalam kotak penyimpanan uang belum tentu sesuai dengan jumlah kendaraan yang masuk.
Berdasarkan pada uraian di atas maka penulis merasa tertarik untuk membangun suatu sistem otomatisasi perparkiran dimana nantinya informasi yang berhubungan dengan pemakaian fasilitas perparkiran lebih mudah didapatkan dengan cepat dan akurat. Dengan menggunakan sistem perparkiran otomatis ini, mahasiswa ataupun pemakai fasilitas perparkiran akan lebih murah dalam pembayaran dibandingkan dengan harus membayar tiap kali masuk sebab pembayaran dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalkan pertahun. Hal juga ini nantinya akan meningkatkan pelayanan kepada pemakai fasilitas sebab diproses oleh komputer sehingga waktu proses lebih cepat dan mengurangi kesalahan input. Selain itu, dengan menggunakan sistem ini dana yang masuk ke kotak penyimpanan uang nantinya akan sesuai dengan jumlah kendaraan yang masuk (monitoring). Diharapkan juga sistem ini dapat meningkatkan keamanan di lingkungan Universitas Widyatama.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: