Beranda > Tak Berkategori > SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SILIWANGI BANDUNG

SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SILIWANGI BANDUNG

Januari 9, 2010

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Siliwangi Bandung bahwa sistem pelayanan yang ada masih bersifat manual dikarenakan belum adanya sistem informasi yang menunjang proses pelayanan tersebut dan masih terdapat beberapa kelemahan diantaranya masalah efisiensi, keakuratan dan kecepatan dalam pengolahan data dan penyampaian informasi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesinambungan dan kelancaran proses administrasi kemahasiswaan.
Dalam pengembangan sistem ini mempergunakan metode SDLC (System Development Life Cycle).Metode ini memiliki beberapa tahapan Tahapan pertama yaitu melakukan survey dengan mempelajari dan menganalisis sistem yang sedang berjalan, menentukan permintaan pemakai sistem informasi, dan memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik, menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, merancang dan membangun sistem informasi baru, kemudian melakukan pemeliharaan dan perbaikan untuk meningkatkan sistem informasi baru bila diperlukan. Sedangkan dalam perancangan sistem yang dilakukan terdiri dari perancangan proses dengan menggunakan Bagan alir Dokumen (Flowmap), Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD) dan Kamus Data, perancangan basis data dengan menggunakan Entity Relational Diagram (ERD), Normalisasi, Tabel Relasi dan Struktur File, serta perancangan program yang meliputi Perancangan Input dan Output, Pengkodean, Struktur Program dan Kebutuhan Sistem.
Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi administrasi kemahasiswaan yang bersifat Client-Server, dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi dan database My-SQL ini, maka akan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data pendaftaran mahasiswa baru, pembayaran biaya kuliah per semester dan registrasi ulang mahasiswa. Serta penggunaan data secara bersama-sama (data share) dapat diimplementasikan.

Dewasa ini perkembangan dalam bidang teknologi semakin pesat, salah satunya adalah teknologi informasi. Seperti yang kita ketahui saat ini teknologi informasi begitu cepat berkembang, dan untuk mendukung penyajian teknologi informasi tersebut diperlukan suatu media atau alat yaitu komputer yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, saat ini komputer tidak hanya dapat digunakan secara personal tetapi juga dapat terintegrasi dengan komputer lain untuk saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware / software yang terhubung dengan jaringan.
Walaupun perkembangan teknologi informasi semakin berkembang tetapi masih saja ada instansi pemerintah ataupun swasta bahkan masih ada universitas atau sekolah tinggi yang masih menggunakan sistem manual atau belum sepenuhnya menggunakan sistem komputerisasi dalam mengerjakan pekerjaannya seperti halnya yang terjadi pada Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Bandung (STAI).
Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Bandung (STAI) adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan dibawah naungan kodam Siliwangi. Sistem pelayanan yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi diantaranya adalah pelayanan pendaftaran mahasiswa baru dan pelayanan pembayaran kuliah mahasiswa yang dilakukan setiap semestre. Untuk menunjang kecepatan dan ketepatan dalam proses pelayanan tersebut maka harus didukung dengan sistem yang memadai karena akan menentukan lancarnya kegiatan operational yang ada di kampus tersebut..
Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi maka diperlukan adanya perbaikan sistem pengolahan data dengan cara membangun sistem baru yang lebih cepat, akurat dan lebih terjamin dari segi pengamanan dalam pengarsipan file-file, yaitu dengan membuat sebuah program aplikasi yang dapat terhubung ke jaringan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para mahasiswa.
Bertitik tolak dari permasalahan diatas penulis mencoba untuk menyusun Tugas Akhir dengan judul “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SILIWANGI (STAI) BANDUNG .“

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: