Beranda > Tak Berkategori > SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS SURAKARTA

SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS SURAKARTA

Januari 9, 2010

Universitas saat ini, telah menjadi asset informasi yang mana informasi tersebut menjadi sangat berguna dan mahal bagi pengembangan universitas berikutnya. Universitas Surakarta salah satu pendidikan perguruan tinggi yang mulai memakai sistem informasi berbasiskan komputer untuk mengefisienkan proses-proses akademik yang ada di dalamnya, walaupun belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan sistem yang lainnya.
Oleh karena itu, dalam penulisan ini, penulis akan mengembangkan suatu Sistem Informasi berbasiskan komputer dengan memilih Universitas Surakarta sebagai obyek penelitian ini. Sistem informasi ini penulis namakan sebagai Sistem Informasi Akademik Universitas Surakarta (SIA UNSA) yang meliputi Sistem Informasi Penjadwalan Kuliah dan Laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem – sistem yang ada dan membuat sistem yang belum ada untuk dapat diintegrasikan ke dalam sistem yang terpadu yaitu SIA UNSA. Agar SIA UNSA benar-benar dapat tercipta dengan baik, maka dilakukan proses analisis dan perancangan Sistem Informasi Penjadwalan kuliah dan laboratorium yang didasarkan pada Metode analisis perancangan yang benar.
Metode yang pertama kali dilakukan adalah Studi Kepustakaan, Observasi, Wawancara, Analisis, Perancangan Sistem, Ujicoba, Implementasi. Implementasi SIA Penjadwalan dibatasi pada Penjadwalan Kuliah dan Laboratorium saja. Diharapkan SIA Penjadwalan ni mampu memperingan beban pengaturan jadwal Universitas sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar. Untuk penulisan – penulisan berikutnya diharapkan mampu mengembangkan ketingkat yang lebih luas seperti tingkat web atau internet. Dengan semakin luasnya informasi yang tersebar maka akan mempengaruhi perkembangan dari universitas itu sendiri.

Universitas adalah perguruan tinggi yang disamping menyelenggarakan pendidikan akademik dapat pula menyelenggarakan pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian tertentu.
Universitas merupakan salah satu jenis dari berbagai bidang pendidikan yang ada. Berbagai macam siklus informasi baik seputar kampus, mahasiswa, dosen maupun lingkungan sekitar bergulir setiap harinya. Sistem informasi menjadi hal yang sangat penting demi menunjang kelancaran proses belajar mengajar khususnya bagi suatu universitas.
Universitas Surakarta merupakan salah satu universitas swasta yang telah menerapkan sistem informasi berbasiskan komputer dalam beberapa bidangnya seperti Bidang Administrasi dan pendaftaran Kartu Rencana Studi. Namun seiring waktu berjalan dibutuhkan sistem baru yang bisa menentukan pembagian jadwal dan ruang kuliah mengingat semakin banyaknya mahasiswa dari tahun ke tahun.
Pembagian jam kuliah dan ruangan harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan kekacauan yang akhirnya mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Seperti jadwal dua mata kuliah yang bersamaan dalam satu ruang, jadwal mengajar dosen pada hari dimana dosen tersebut tidak dapat mengajar. Hal – hal semacam inilah yang saat ini perlu ditindak-lanjuti.
Dengan adanya sistem informasi yang mengatur adanya penjadwalan kuliah dan ruangan yang dipakai diharapkan bisa memecahkan masalah tersebut sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk menyesuaikan kondisi baik dari dosen maupun kampus dalam pengaturan jadwal. Penjadwalan bisa diatur lebih cepat sehingga mendukung proses belajar mengajar. Selain itu efisiensi waktu dan tenaga juga akan dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.
Dengan begitu teknologi komputer masih menjadi solusi terbaik karena keakuratan, ketepatan serta kecepatannya dalam mengolah suatu data menjadi informasi yang berguna.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: