Beranda > Tak Berkategori > Sistem, Informasi, Inventaris, Obat, pada Apotik Medisakti.

Sistem, Informasi, Inventaris, Obat, pada Apotik Medisakti.

Januari 9, 2010

Dewasa ini perkembangan perangkat komputer dan teknologinya sudah demikian pesatnya, Penggunaannya tidak lagi terbatas pada perusahaan atau instansi yang besar dan mampu saja. Banyak perusahaan-perusahaan atau instansi, baik besar atau kecil, Pemerintah atau swasta yang menggunakan komputer sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas kerja.

Apotik Medisakti Makassar merupakan usahja dagang yang bergerak di bidang jasa penjualan oobat. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang sekiranya dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja.

Pada tugas akhir ini, penulis mencoba menerapkan konsep Sistem Informasi yang terintegrasi untuk mengelolah data transaksi dan inventaris dengan bantuan komputer, sejak dari pendataan persediaan obat( Inventaris ), penanganan transaksi, pencetakan laporan-laporan yang diperlukan untuk pengambilan keputusan dan pemeliharaan basis data.

Dengan sistem ini kendala waktu dapat diatasi. Proses berulang-ulang dapat dilakukan dengan cepat. Demikian pula pad penerapannya, diharapkan tidak terjadi kendala yang berarti karena sistem ini dalam perumusannya mengacu pada sistem penjualan apotik tersebut.

Pada era globalisasi ini, komputer merupakan suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk proses pengolahan data, agar data yang diolah tersebut dapat secara efektif dan efisien dalam memberikan informasi yang diperlukan oleh suatu perusahaan.
Pengolahan data yang dilakukan secara manual, akan membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat banyak dan juga informasi-informasi yang diperlukan tidak efisien.
Sedangkan pengolahan data yang dilakukan secara komputerisasi memerlukan tenaga yang lebih sedikit dibandingkan dengan proses yang dilakukan secara manual dan juga waktu yang diperlukan akan lebih singkat.
Apotik Medisakti Makassar yang terletak di Jalan Sungai Saddang No. 5 Makassar, masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data. Hal ini dapat menurunkan mutu dan kualitas apotik tersebut. Sebab informasi yang dibutuhkan tidak efesien dan efektif, selain itu waktu dan tenaga yang diperlukan semakin banyak. Sementara dengan volume barang inventaris yang cukup banyak, telah menimbulkan berbagai masalah dari pelayanan sehari-hari terutama dalam menangani data inventaris.
Untuk mengantisipasi perkembangan dan makin banyaknya data yang diolah serta makin kompleksnya kebutuhan akan informasi komputer untuk menangani pengolahan data, maka diperlukan suatu sistem untuk membantu dalam pengolahan data. Sesuai dengan fungsi komputer yaitu: ”mengotomatisasi setiap pekerjaan yang bersifat kerja serta menghindari kejenuhan terhadap pekerjaan yang bersifat rutinitas”.
Dengan sistem ini kendala waktu dapat diatasi. Proses berulang-ulang dapat dilakukan dengan cepat. Demikian pula pad penerapannya, diharapkan tidak terjadi kendala yang berarti karena sistem ini dalam perumusannya mengacu pada sistem penjualan apotik tersebut.
Bertitik tolak dari permasalahan di atas penulis berusaha mengkomputerisasikan pengadaan obat-obatan yang mana mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.Mencatat data obat-obatan yang masuk dan keluar secara cepat.
2.Memproses perhitungan dalam pengadaan obat-obatan dilakukan dengan sistem komputer.
3.Laporan yang dihasilkan lebih terjamin kebenarannya.
4.Pengecekan barang dapat dilakukan dengan cepat dan cermat.
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, maka perlu melakukan penelitian mengenai sistem informasi pengolahan inventaris obat pada Apotik Medisakti Makassar dengan mengedepankan efektifitas, efisiensi dari segi biaya, tenaga dan waktu, maka penulis mencoba untuk mengangkat sebuah Judul yaitu: “ Perancangan Sistem Informasi Inventaris Obat pada Apotik Medisakti Makassar”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: