Beranda > Tak Berkategori > Sistem informasi penjualan obat pada Apotik Sejahtera Farma Makassar berbasis client server

Sistem informasi penjualan obat pada Apotik Sejahtera Farma Makassar berbasis client server

Januari 9, 2010

Penggunaan teknologi informasi untuk menunjang kegiatan pengolahan data pada berbagai aktivitas perusahaan sudah merupakan suatu kebutuhan bagi setiap perusahaan. Dengan teknologi ini data yang telah diolah akan menjadi sebuah informasi yang akurat, cepat, tepat dan up to date. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan jika setiap pimpinan perusahaan mengambil kebijakan untuk menyerap teknologi ini ke dalam perusahaan yang dipimpinnya. Kegiatan pengolahan data dengan menggunakan teknologi ini telah merubah sebuah sistem yang bersifat manual menjadi sebuah sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi telah menciptakan sebuah prosedur pengolahan data yang efisien dan efektif.
Sistem informasi penjualan obat pada Apotik Sejahtera Farma Makassar berbasis client server adalah sebuah sistem untuk mengolah data mengenai penjualan obat. Dengan sistem ini diharapkan bagian penjualan akan dapat memproses persediaan obat dengan cepat, tepat dan akurat.
Uji sistem yang dilakukan telah menunjukkan bahwa sistem informasi yang dibangun terbebas dari kesalahan (error).

Perkembangan arus globalisasi yang diiringi dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) menyebabkan arus informasi yang dulunya sulit didapatkan kini dapat dengan mudah diperoleh sesuai dengan kebutuhan. Komputer merupakan suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk proses penyajian pengolahan data, agar data yang diolah dapat memberikan suatu informasi yang diperlukan oleh pimpinan ataupun suatu perusahaan yang membutuhkan
Perkembangan komputer dari hari-ke hari mengalami perubahan yang sangat pesat, kebutuhan akan informasi yang akurat, tepat dan terkini juga semakin dibutuhkan agar dapat tetap bertahan dalam menghadapi segala tantangan di era globalisasi dan persaingan bebas. Perkembangan teknologi dan ilmu informatika yang pesat mendorong masyarakat baik kelompok maupun perorangan, instansi baik pemerintah maupun swasta untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu informatika tersebut. Keunggulan komputer dalam memproses data akan meningkatkan efektivitas, produktivitas, serta efisiensi suatu sistem informasi.
Apotek Sejahtera Farma merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang penjualan obat haruslah pandai mengatur strategi penjualan untuk meningkatkan hasil penjualannya. Dimana apotek ini berfungsi sebagai penyedia dan penyalur obat harusnya mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Tetapi dalam hal pengolahan data masih terkesan manual misalnya saja jika karyawan tersebut ingin membuat suatu laporan bulanan tentang penjualan obat dimana dalam pembuatan laporan sering terjadi kesalahan-kesalahan apabila laporan tersebut periksa oleh pimpinan apotek. Sistem komputerisasi dalam proses penjualan akan membantu dalam hal pengolahan data apotek untuk menunjang kualitas tersebut, maka diperlukan suatu sistem informasi yang mudah dari segi waktu dan akan memberikan data yang cepat, tepat dan akurat.
Sistem informasi penjualan sangatlah penting bagi Apotek Sejahtera Farma dalam proses penyajian dan pengolahan data sehingga memberikan informasi yang dibutuhkan pimpinan apotek itu sendiri. Oleh karena itu kualitas sumber daya manusia juga merupakan faktor penting, di samping itu diperlukan pula adanya kerjasama yang baik antara karyawan dan pimpinan apotek akan sangat membantu dalam tercapainya suatu tujuan pada Apotek Sejahtera Farma.
Dilihat dari latar belakang tersebut kami mengambil suatu kesimpulan bagaimana memberikan yang terbaik bagi apotek tersebut. Terutama dalam hal mengolah data maka, kami merasa perlu mengadakan penelitian dengan judul “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Sejahtera Farma Makassar Berbasis Client Server”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: