Beranda > Tak Berkategori > Sistem Informasi Perwalian berbasis Web

Sistem Informasi Perwalian berbasis Web

Januari 9, 2010

Web Perwalian merupakan suatu aplikasi komputer berbasis web yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data, juga memberi informasi tentang data mahasiswa dan segala kegiatan perwalian mahasiswa. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan administrator dalam mengolah data-data tersebut serta dalam membuat laporan untuk diberikan pada bagian jurusan.
Salah satu tugas dari administrator adalah memasukkan data ke dalam form input data. Penyusun hanya membatasi pembuatan aplikasi web ini yaitu pengisian data dosen, data mahasiswa, dan data perwalian.
Aplikasi web ini dibuat dengan menggunakan PHP karena dapat dikoneksikan dengan database MySQL dan semua sarana yang kami butuhkan dalam membangun program-program aplikasi untuk windows dengan cepat dan efisien. Pemograman berbasis objek dengan meggunakan Macromedia Dreamwaver juga mempermudah pengguna dalam penggunaan aplikasi ini.
Cara kerja program aplikasi adalah administrator/ user cukup memasukkan password untuk login dan dapat memilih menu-menu yang telah disediakan dalam menu utama untuk melakukan proses.
Di dalam menu utama admin terdapat menu yang digunakan untuk menginput, mencari, mengedit dan menghapus data mahasiswa, data dosen, dan data perwalian. Sedangkan dalam menu utama user hanya terdapat menu yang digunakan untuk registrasi dan pencarian data dengan dibatasi oleh ID yang dimasukan.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi web ini dapat memudahkan admin dalam mengelola dan menyimpan data mahasiswa, dosen dan perwalian serta memudahkan admin/ user untuk mendapatkan informasi mengenai data-data tersebut.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah meningkatkan taraf hidup dan kemudahan aktivitas manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampak teknologi yang paling dirasakan saat ini adalah dalam bidang manajemen dan informasi, termasuk di dalamnya pengolahan dan penyimpanan sebuah data. Dengan semakin pentingnya pengolahan dan penyimpanan sebuah data untuk menjembatani dan menjadi pengantar informasi antara pihak pengguna aplikasi dan pengguna informasi.
Terus berkembangnya teknologi, mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat, kebutuhan hidup pun berubah, salah satunya kebutuhan akan media informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Dalam sistem pendidikan sudah dikenal sistem pendidikan “online”. Sistem tersebut bertujuan agar seorang mahasiswa pada contohnya dapat memiliki sistem informasi perwalian antara mahasiswa dengan dosen wali secara mandiri. Oleh karena itu, sistem yang tepat untuk menjembataninya adalah sistem yang berbasis web. Dengan format web akan tercipta kemudahan dalam mengakses data dengan tingkat keamanan yang baik dengan berbasiskan pada database MySQL. Adapun sistem perwalian ini dikhususkan untuk Poloteknik Pos Imdonesia.

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: