Beranda > Tak Berkategori > SISTEM PENGOLAHAN DATA HUTANG PIUTANG PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG CIREBON

SISTEM PENGOLAHAN DATA HUTANG PIUTANG PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG CIREBON

Januari 9, 2010

Peran teknologi informasi sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan yang mengarah pada semakin ketatnya persaingan dan peluang bisnis yang ada. Dengan semakin canggihnya teknologi perangkat keras (hardware) seperti memori yang semakin besar, processor yang semakin cepat, dan kapasitas harddisk yang semakin besar serta diikuti dengan perkembangan teknologi perangkat lunak (software) yang semakin beranekaragam seperti aplikasi multimedia menjadikan informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat terpenuhi.
PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara dibawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan suatu perdagangan khususnya mengenai perdagangan ekspor dan impor. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang ekonomi yang menangani ekspor dan impor, tentunya membutuhkan sebuah sistem informasi yang baik.
PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) telah menggunakan komputer di dalam pengolahan data dengan menggunakan Microsoft Exel. Akan tetapi Penerapan pengolahan data elektronik tersebut belum dapat mewujudkan kelancaran dalam fungsi operasionalnya, khususnya mengenai penanganan hutang-piutang.
Melihat permasalahan yang ada pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) tersebut, maka penulis bermaksud untuk membuat sebuah sistem pengolahan data baru berupa program aplikasi pengolahan data hutang piutang, sistem ini diharapkan dapat memberikan potensi kerja yang baik, cepat, akurat dan efisien.

Kemajuan teknologi informasi menghasilkan beberapa produk yang canggih, termasuk di dalamnya teknologi informasi dan komputer. Dengan penererapan komputerisasi dalam melaksanakan suatu pekerjaan, maka akan dapat menghasilkan suatu pengolahan data secara cepat dan akurat. Hal ini tentunya akan lebih menguntungkan dari segi waktu dan biaya, dan dapat pula mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi bila dibandingkan pekerjaan tersebut dilakukan secara manual. Namun tentunya kemajuan teknologi informasi haruslah pula diimbangi dengan tersedianya sumber daya manusia yang akan menanganinya karena kemajuan teknologi informasi tidak akan dapat dimanfaatkan secara maksimal jika sumber daya manusianya sendiri tidak ada.
Penerapan program aplikasi terhadap sistem manual menjadi komputerisasi akan terjadi perubahan pola teknologi suatu sistem. Dengan demikian sumber daya manusia (SDM) yang ada harus mampu dan mempunyai potensi untuk mengendalikan dan memelihara sistem yang ada karena aspek brainware sangatlah penting demi berjalannya sistem komputerisasi yang maksimal dan handal.
Terdapat banyak kendala yang dihadapi pada sebuah sistem manual antara lain informasi data yang tidak akurat tidak efisien karena data belum tertata rapih sehingga peralihan sistem manual menjadi sistem komputerisasi memberikan kemudahan dalam penanganan data dalam skala besar dengan waktu yang efisien dan efektif. Untuk itu penulis menjadikan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) cabang Cirebon sebagai objek Praktek Kerja Lapangan yang penulis lakukan. Penulis mencoba membuat suatu sistem pengolahan data yang khusus menangani masalah piutang dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL Untuk itu penulis mengambil judul ” SISTEM PENGOLAHAN DATA HUTANG PIUTANG PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG CIREBON ”

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: