Beranda > Tak Berkategori > SISTEM PENGOLAHAN DATA PEMELIHARAAN JALAN, JEMBATAN DAN LINGKUNGAN TOL PT. JASA MARGA (PERSERO) BANDUNG

SISTEM PENGOLAHAN DATA PEMELIHARAAN JALAN, JEMBATAN DAN LINGKUNGAN TOL PT. JASA MARGA (PERSERO) BANDUNG

Januari 9, 2010

PT. Jasa Marga (Persero) Bandung merupakan sebuah perusahaan pengelola jalan tol yang ada di jalur padaleunyi dan citarum, dalam kegiatan pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan tol yang ada di bagian pemeliharaan dan fasilitas operasi sering mengalami permasalahan khusunya dalam hal mengolah data kerusakan yang dilakukan oleh juru pengolahan data pemeliharaan, proses yang terlibat diantarnya yaitu proses pembuatan jadwal, proses membuat laporan kerusakan, proses membuat laporan perbaikan dan mengolah data biaya kerusakan yang berkaitan dengan sistem.
Teori yang berkaitan dengan permasalahan pemeliharaan dijelaskan baik itu tentang pengertian sistem, informasi, pengolahan data dan teori tentang pemeliharaan. Dalam analisis sistem telah dijelaskan mengenai sistem yang berjalan yang ada di PT. Jasa Marga (Persero) Bandung yang berkaitan dengan proses Pemeliharaan. Penjelasan tentang analisis dokumen dan usulan sistem yang akan dibuat. Dari hasil analisis maka akan dibuat suatu rancangan yang dapat menyelesaikan masalah diatas, proses perancangan dimulai dari perancangan prosedur, perancangan diagram konteks, data flow diagram level 0 dan 1, hubungan antar entitas, rancangan struktur menu untuk pembuatan program, rancangan struktur program yang menjelaskan jalannya program, rancangan struktur file yang menjelaskan tentang field-field yang ada dalam sistem pemliharaan jalan, jembatan dan lingkungan Tol.
Pada perancangan terdiri dari 4 jenis file yang digunakan yang berkaitan dengan database Pemeliharaan diantaranya yaitu file Kerusakan, file Biaya , file Team Inspeksi dan file perbaikan. Setelah proses perancangan selesai maka dilanjutkan ke proses implementasi program, diamana dalam proses ini di bahas tentang implementasi pengkodean dan implementasi konversi sistem. Setelah semua proses selesai maka akan ditarik kesimpulan yang berkaitan dengan masalah diatas yaitu bahwa sistem yang dibuat sudah dapat mencukupi kebutuhan yang diinginkan oleh pihak Jasa Marga khususnya bagian pemeliharaan dan fasilitas operasi, tidak luput dari kesimpulan maka diberikan saran yang sifatnya membangun yaitu semoga sistem ini pemeliharaannya lebih baik.

PT Jasa Marga (Persero) adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyelenggara jalan tol di Indonesia. Dalam pelaksanaannya diperlukan berbagai fasilitas yang dapat menunjang penyelenggaraan jalan tol. Diantaranya dengan keadaan jalan, jembatan dan lingkungan tol yang harus selalu diperhatikan kenyamanan dan kebersihannya. Dalam hal ini di PT. Jasa Marga (Persero) terdapat bagian pemeliharaan yang bertugas untuk menjaga segala hal yang dapat mengganggu penggunaan jalan tol.
Dalam usaha agar penggunaan jalan tol tetap terjaga kelancarannya, perlu adanya penanganan dari bagian pemeliharaan yang dilakukan secara efektif dan efisien. Pemeliharaan yang dilakukan adalah dengan memeriksa, memantau dan menganalisa bagian-bagian jalan, jembatan dan lingkungan tol setiap periode. Dari pengumpulan data yang didapat, bagian pemelihara menganalisa untuk dapat mengambil kesimpulan apakah jalan, jembatan dan lingkungan tol masih layak pakai atau harus diperbaiki. Dalam hal ini diperlukan suatu informasi yang dapat membantu pelaksanaan analisa dari data yang diperoleh.
Latar belakang penulisan Tugas Akhir ini adalah membantu bagian-bagian yang terlibat dalam pengolahan data bagian pemeliharaan secara maksimal. Mengingat laporan dari tiap sub bagian yang tidak sedikit dan harus terpelihara, maka diambil alternatif untuk mengimplementasikan masalah informasi data yang didapat sebagai materi dari Tugas Akhir ini. Adapun judul dari laporan ini adalah “Sistem Informasi Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Lingkungan Tol PT. Jasa Marga (Persero) Bandung”.

Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: