Beranda > Skripsi Industri > ANALISA FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KENYAMANAN KERJA KARYAWAN DI PT. MEBEL MULYA ABADI SUKOHARJO

ANALISA FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KENYAMANAN KERJA KARYAWAN DI PT. MEBEL MULYA ABADI SUKOHARJO

Januari 10, 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan atau nyata antara lingkungan kerja dengan kenyamanan kerja pada karyawan pada PT. Mebel Mulya Abadi di Sukoharjo.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, analisis korelasi berganda. Setelah data dianalisis, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 40,777 – 0,190 X1 – 0,327 X2 – 0,376 X3 + 0,522 X4,
hal ini berarti, jika kebersihan, pertukaran udara, kebisingan, dan penerangan tidak ada atau dianggap nol (0), maka tingkat kenyamanan kerja dianggap konstan. Hasil uji t Student untuk variabel kebersihan, pertukaran udara, kebisingan, penerangan, menyatakan bahwa semuanya tidak menolak Ho, karena tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara semua variabel itu dengan kenyamanan kerja. Analisa korelasi berganda diperoleh hasil R2 sebesar 0,013 berarti ada hubungan variabel antara lingkungan kerja yang terdiri dari kebersihan, pertukaran udara, kebisingan, penerangan dengan kenyamanan kerja yang sangat lemah. Untuk hasil uji F juga tidak menolak Ho, sehingga tidak terdapat hubungan linear/ erat antara variabel kebersihan, pertukaran udara, kebisingan, penerangan dengan kenyamanan kerja.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kecil/ lemah dan tidak signifikan.
Kata Kunci : Lingkungan Kerja dan Kenyamanan Kerja, Pengaruh dan Hubungan regresi korelasi

Pada perkembangan dunia usaha yang semakin maju dan kompetitif menuntut penyesuaian yang harus dilakukan oleh perusahaan. Penyesuaian yang harus dilakukan pada perusahaan ini antara lain perusahaan diharapkan untuk membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan, agar dalam perusahaan tercipta kerja sama/ koordinasi antar karyawan yang baik, sehingga akan terjalin sikap saling memberi dorongan antar karyawan satu dengan karyawan lain yang saling menguntungkan.
Kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang handal, sehingga karyawan dari perusahaan tersebut tidak merasa ketinggalan dengan yang lain dan dapat mengikutinya. Karena sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam kemajuan perusahaan, dan merupakan kunci utama keberhasilan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.
Hampir seluruh aktivitas perusahaan tergantung pada sumber daya para pekerjanya, karena tenaga kerja memegang peranan yang penting dalam perjalanan proses produksi perusahaan. Untuk faktor tenaga kerja khususnya manusia tetap masih sangat diperlukan sekali baik bagi perusahaan yang padat modal maupun perusahaan yang padat karya, biarpun pada teknologi yang
sangat pesat saat ini fungsi tenaga kerja tidak akan tergeser oleh perkembangan teknologi khususnya di bidang industri.
Produktivitas tenaga kerja merupakan perbandingan antara hasil yang didapat tenaga kerja dengan input yang digunakan. Tinggi rendahnya produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh semangat dan faktor kenyamanan kerja yang mana hal itu juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan kerja. Ketidaknyamanan saat bekerja merupakan kondisi yang sangat tidak baik bagi tenaga kerja dalam beraktivitas, karena pekerja akan melakukan aktivitasnya yang kurang optimal dan akan menyebabkan lingkungan kerja yang tidak bersemangat dan membosankan, sebaliknya apabila kenyamanan kerja tercipta saat pekerja melakukan aktivitasnya maka pekerja akan melakukan aktivitasnya dengan optimal, dikarenakan kondisi lingkungan pekerjaan yang sangat baik dan mendukung.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: