Beranda > Skripsi Industri > ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEMGARUHI HASIL PENJUALAN DI CV.VIRGO SURABAYA

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEMGARUHI HASIL PENJUALAN DI CV.VIRGO SURABAYA

Januari 10, 2010

Dewasa ini dunia fashion berkembang dengan begitu pesat sebagai bentuk ekspresi jiwa dan identitas diri yang diwujudkan dalam bentuk model pakaian (fashion) yang menjadi kebutuhan primer setiap individu. Di samping itu, tuntutan konsumen yang tidak hanya sekedar menginginkan produk berkualitas dengan harga murah melainkan konsumen juga menuntut kecepatan waktu, layanan atau perlakuan khusus serta dituntut agar selalu dapat menciptakan desain yang baru, maka agar dapat memenangkan persaingan pelaku usaha diharapkan agar lebih responsif terhadap perkembangan yang terjadi.
CV. VIRGO belakangan ini mengalami penurunan omzet pendapatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini disebabkan banyak pesaing yang mulai merambah dunia konveksi, sehingga konsumen dihadapkan banyak pilihan jasa konveksi yang ada di Surabaya, maka CV. Virgo akan melakukan analisa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil penjualan. Dari sini, maka rumusan masalah yang diambil adalah apakah faktor produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place) berpengaruh terhadap penjualan di CV. VIRGO Surabaya ?. Selain itu adalah di antara faktor produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place) manakah yang berpengaruh dominan terhadap penjualan di CV. VIRGO Surabaya ?
Dari hasil uji deskripsi regresi berganda dan uji statistik diperoleh besarnya nilai korelasi (R) = 0,852 yang ada hubungannya produk (X1), harga (X2), promosi (X3) terhadap variabel Y (hasil penjualan) dan distribusi (X4) tidak ada hubungannya terhadap variabel Y.
Untuk pengujian hipotesis secara simultan, diketahui nilai Fhitung = 29,804 dan besarnya nilai Ftabel (4; 45; 0,05) = 2,57. Dari sini dapat dilihat bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga untuk hipoteis pertama yang menyatakan faktor produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place) berpengaruh secara simultan terhadap penjualan di CV. VIRGO Surabaya diterima kebenarannya. Untuk mengetahui pengaruh secara parsial, dapat dilihat bahwa nilai thitung terbesar dari keempat faktor, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place) adalah thitung harga (X2). Dengan demikian harga memiliki pengaruh dominan terhadap penjualan di CV. VIRGO Surabaya.

Dewasa ini dunia fashion berkembang dengan begitu pesat sebagai bentuk ekspresi jiwa dan identitas diri yang diwujudkan dalam bentuk model pakaian (fashion) yang menjadi kebutuhan primer setiap individu.
Keberadaan industri Konveksi besar maupun kecil mempunyai prospek yang cerah, karena semua proses pengolahan yang berhubungan dengan pakaian membutuhkan jasa di bidang Konveksi. Seiring dengan fenomena itu dapat menjadi parameter para pelaku bisnis yang responsif terhadap pentingnya tuntutan kebutuhan jasa Konveksi. Semua itu bisa dilihat dari begitu banyaknya bermunculan usaha di bidang Konveksi di Indonesia khususnya di Surabaya. Dengan adanya situasi seperti ini banyak cara dalam menggunakan strategi pemasaran yang dipakai oleh pelaku usaha agar dapat bertahan di era kompetitif untuk meningkatkan pendapatan.
Banyak tuntutan konsumen yang tidak hanya sekedar menginginkan produk berkualitas dengan harga murah melainkan konsumen juga menuntut kecepatan waktu, layanan atau perlakuan khusus serta di tuntut agar selalu dapat menciptakan design yang baru maka agar dapat memenangkan persaingan pelaku usaha di harapkan agar lebih responsif terhadap perkembangan yang terjadi.
Para pelaku usaha besar maupun kecil berusaha agar aktivitasnya dapat berjalan dengan lancar guna mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu untuk memperoleh profit atau keuntungan. Untuk memperoleh tingkat keuntungan
tersebut bergantung pada keberhasilan manajemen pemasaran di dalam menerapkan startegi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Tingkat keuntungan dapat diraih dengan cara meningkatkan omzet pendapatan atau meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
CV. VIRGO belakangan ini mengalami penurunan omzet pendapatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini disebabkan banyak pesaing yang mulai merambah dunia konveksi, sehingga konsumen dihadapkan banyak pilihan jasa konveksi yang ada di Surabaya.
Selama ini perusahaan belum maksimal dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga belum bisa mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terhadap hasil penjualan di perusahaan.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: