Beranda > Skripsi Industri > ANALISA KELAYAKAN INVESTASI PENGGANTIAN MESIN GLUENG LAMA DENGAN MESIN GLUENG BARU (Studi kasus CV. Indonesia Cone Sukoharjo)

ANALISA KELAYAKAN INVESTASI PENGGANTIAN MESIN GLUENG LAMA DENGAN MESIN GLUENG BARU (Studi kasus CV. Indonesia Cone Sukoharjo)

Januari 10, 2010

Perusahaan CV. Indonesia Cone merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi Paper Cone diwilayah Sukoharjo, dalam memproduksi Paper Cone perusahaan memerlukan penggantian mesin glueng lama dengan mesin glueng baru untuk memperlancar proses produksi Paper Cone.
Setelah dilakukan analisa Kelayakan Pabrik dengan menggunakan beberapa metode kelayakan investasi menghasilkan perhitungan yaitu: NPV = Rp. 374.003.801 (Positif), PP = 1 Thn, 3 bln, 6 hari (5 Thn). IRR = 84,46% (IRR > 21%). PI = 2,917% (PI > 1). ARR = 129,43% ( ARR > 1). NBCR = 5,16 (NBCR > 1). ROI = 516 (ROI > 1).
Dari hasil perhitungan yang diperoleh, maka bisa diambil kesimpulana bahwa Perusahaan CV. Indonesia Cone dalam melakukan investasi penggantian mesin glueng lama dengan mesin glueng baru layak untuk dilaksanakan

Agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan yang lain, maka harus mempunyai kebijakkan dan strategi yang tepat. Dari hal tersebut diharapkan bahwa setiap produk yang dihasilkan mempunyai mutu yang baik. Perusahaan CV. Indonesia Cone memproduksi Paper Cone yaitu tempat untuk gulungan benang obras, perusahaan ini menggunakan beberapa mesin dalam memproduksi Paper Cone salah satunya mesin glueng yang digunakan untuk mengelem produk Paper Cone, perusahaan mempunyai beberapa mesin glueng, tetapi sekarang perusahaan sering mengalami hambatan dan masalah dalam memproduksi Paper Cone karena mesin tersebut sering mengalami kerusakan sehingga mesin glueng yang digunakan hanya dua saja, hal ini menyebabkan terhambatnya proses produksi Paper Cone. Oleh karena itu perusahaan memerlukan penggantian mesin glueng baru untuk memperlancar proses produksi Paper Cone.
Dengan adanya analisis kelayakan investasi penggantian mesin glueng yang baru maka perusahaan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, sehingga mampu bersaing dalam memproduksi Paper Cone secara optimal sesuai dengan pesanan atau permintaan konsumen.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: