Beranda > Skripsi Industri > OPTIMASI PEREMAJAAN KENDARAAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA PEMELIHARAAN DI PO DARMA SARDIA

OPTIMASI PEREMAJAAN KENDARAAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA PEMELIHARAAN DI PO DARMA SARDIA

Januari 10, 2010

Perusahaan Otobis Darma Sardia (PO DS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum. Saat ini PO DS mempunyai beban biaya pemeliharaan yang cukup tinggi berkaitan dengan kebijakan peremajaan yang saat ini ditempuh. Hal ini disebabkan karena peremajaan yang dilakukan oleh PO DS dilakukan diwaktu yang kurang tepat, karena peremajaan cenderung dilakukan pada saat bis sudah terlalu tua.
Permasalahan yang terjadi di PO DS adalah peremajaan yang dilakukan belum memperhitungkan waktu terbaik, kapan peremajaan itu akan dilakukan. Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk menentukan waktu terbaik melaksanakan peremajaan kendaraan berdasarkan biaya pemeliharaan.
Penelitian disini mengunakan model peremajaan yang dikembangkan oleh Ginting yaitu model peremajaan yang memperhitungkan biaya pemeliharaan kendaraan, biaya penggantian kendaraan, biaya pengadaan kendaraan baru, dan nilai sisa kendaraan.
Dari proses pemodelan diperoleh model biaya pemeliharaan, model biaya penggantian, dan model peremajaan kendaraan. Selain itu, dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh bahwa data jarak tempuh saat peremajaan yaitu 1.460.160 km. Hal ini berarti sebuah bis melakukan 2.028 hari perjalanan sampai bis tersebut diremajakan atau sebuah bis akan diremajakan setelah berumur 7 tahun 6 bulan.

Peranan transportasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, terutama bagi seluruh lapisan masyarakat perkotaan yang hampir setiap hari membutuhkan kemudahan-kemudahan untuk menunjang pencapaian tujuan manusia. Banyak orang menyatakan bahwa transportasi berperan sebagai urat nadi perekonomian dan sarana yang tepat untuk memacu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Secara garis besar, jenis transportasi kota dapat dibagi dalam transportasi pelayanan umum dan transportsi pribadi. Secara umum masyarakat berpenghasilan menengah ke atas menggunakan transportasi pribadi, sedangkan golongan masyarakat menengah ke bawah menggunakan transportasi pelayanan umum. Apabila diperhatikan lebih jauh, jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi pelayanan umum, jauh lebih besar daripada jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi pribadi. Jadi dapat diperkirakan betapa perlunya penyediaan sarana angkutan umum yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.
Menyadari bahwa transportasi adalah bidang ilmu yang multi disiplin, maka diperlukan pula analisis ekonomi dan teknis yang baik karena masalah transportasi membutuhkan investasi dan biaya operasional yang besar. Salah satu masalah yang dihadapi dalam bidang transportasi adalah peremajaan kendaraan.
Perusahaan Otobis Darma Sardia (PO DS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum. PO DS mempunyai beban biaya pemeliharaan yang cukup tinggi berkaitan dengan kebijakan peremajaan yang saat ini ditempuh. Hal ini disebabkan oleh karena peremajaan yang dilakukan oleh PO DS dilakukan diwaktu yang kurang tepat karena peremajaan cenderung dilakukan pada saat bis sudah terlalu tua.
Tindakan pemeliharaan yang dilakukan oleh PO DS selama ini adalah hanya melakukan perawatan sebatas perawatan rutin dan perbaikan, serta penggantian komponen jika telah terjadi kerusakan. Sedangkan peremajaan kendaraan hanya dilakukan apabila kendaraan yang lama sudah tidak dapat dioperasikan sama sekali. Masalah yang tengah dikaji oleh PO DS adalah optimasi peremajaan kendaraan.
Kerusakan mesin secara tiba-tiba menyebabkan terhentinya pengoperasian bis, sehingga terjadi kehilangan pendapatan selama kerusakan dan juga biaya pemeliharaan bis akan menjadi semakin bertambah besar.
Semakin besarnya biaya pemeliharaan yang dikeluarkan perusahaan, menyebabkan keuntugan yang diperoleh perusahaan tersebut semakin berkurang. Agar hal ini tidak terus terjadi, maka PO DS memerlukan suatu rencana peremajaan kendaraan yang optimal.
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang ada di PO DS, maka penelitian diberi judul “ OPTIMASI PEREMAJAAN KENDARAAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA PEMELIHARAAN DI PO DARMA SARDIA ”

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: