Beranda > Skripsi Industri > PENENTUAN JUMLAH RESOURCE OPTIMAL DALAM PROSES ASSEMBLY HEADER HARP DI LANTAI PRODUKSI BAY 7-2 PT ALSTOM Power Energy System Ind

PENENTUAN JUMLAH RESOURCE OPTIMAL DALAM PROSES ASSEMBLY HEADER HARP DI LANTAI PRODUKSI BAY 7-2 PT ALSTOM Power Energy System Ind

Januari 10, 2010

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di PT ALSTOM Power ESI yaitu sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi boiler. Permasalahan yang dibahas adalah penentuan jumlah resources, dalam hal ini adalah workstation dan operator, yang akan dialokasikan dalam proses assembly Header Harp dari material tipe 106-C dan P-91 agar proses produksi berjalan secara optimal yang diukur dari jumlah output yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu.
Penyelesaian permasalahan dilakukan dengan menggunakan software simulasi ARENA dimana kondisi real system disimulasikan dan dihitung jumlah output yang dihasilkan kemudian dilakukan simulasi terhadap rencana perbaikan yang diusulkan dari dua macam material yang ada. Rencana perbaikan dibuat berdasarkan pertimbangan dan batasan yang diberikan oleh perusahaan yaitu berupa pengurangan jumlah operator dan penambahan jumlah workstation. Kemudian output dari real system dan rencana-rencana perbaikan dibandingkan dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik ANOVA untuk mendapatkan model yang menghasilkan output optimal. Model yang menghasilkan output optimal ini kemudian akan direkomendasikan kepada perusahaan untuk diterapkan.
Dari pengolahan data yang dilakukan didapatkan 3 macam rencana perbaikan untuk material tipe 106-C dan 2 macam rencana perbaikan untuk material tipe P-91. Dari rencana perbaikan baik untuk material tipe 106-C maupun P-91 didapatkan bahwa jumlah output optimal untuk keduanya dicapai ketika jumlah operator yang bekerja sebanyak 4 orang dan workstation sebanyak 3.

Teknologi tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Perkembangannya terus berlangsung setiap saat dan tidak akan pernah berhenti. Dunia industri adalah salah satu sektor yang terus menerus memanfaatkan perkembangan teknologi ini. Teknologi digunakan untuk mendukung proses produksi serta proses lain yang menyertainya demi kelangsungan perusahaan. Untuk menghadapi persaingan, setiap perusahaan harus bisa mengikuti perkembangan teknologi untuk meningkatkan kompetensinya.
PT. ALSTOM adalah perusahaan manufaktur yang berpusat di Perancis yang memproduksi Boiler dan alat transportasi seperti kapal dan pesawat terbang. PT. ALSTOM memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia adalah salah satu cabang dari PT. ALSTOM yang berada di Indonesia yang khusus memproduksi Boiler.
Permintaan Boiler ternyata cukup besar dan berasal dari dalam dan luar negeri. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cukup besar tersebut, PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia harus bekerja secara efektif dan efisien agar tidak terjadi loose sales dan loose order. Oleh karena itu, penggunaan sumberdaya juga harus dilakukan secara efektif dan efisien.
Pada kenyataan di lantai produksi, masih banyak terjadi proses produksi yang tidak efektif. Salah satunya adalah proses assembly komponen Header Harp, salah satu komponen untuk membuat Boiler yang dilakukan melalui proses welding. Dalam proses assembly ini masih banyak terlihat aktivitas idle dari para operator. Jumlah output juga tidak memenuhi target harian produksi.
Untuk itu dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan perhitungan jumlah operator dan jumlah work station yang optimal agar dapat memenuhi target harian yang telah ditetapkan dalam proses assembly Header Harp di lantai produksi Bay 7-2 PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia untuk meningkatkan produktivitas.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: