Beranda > Skripsi Industri > PENENTUAN KOMBINASI ATRIBUT PRODUK NOTEBOOK : SUATU PENDEKATAN DENGAN CONJOINT ANALYSIS

PENENTUAN KOMBINASI ATRIBUT PRODUK NOTEBOOK : SUATU PENDEKATAN DENGAN CONJOINT ANALYSIS

Januari 10, 2010

Sekarang ini, kebutuhan seorang mahasiswa akan komputer sudah tidak dapat disangkal lagi. Komputer ini dapat berfungsi sebagai sarana penunjang pendidikan dan dapat pula sebagai sarana hiburan. Sebagai sarana pendidikan seperti untuk pembuatan tugas – tugas kuliah dan praktikum, sedangkan sebagai sarana hiburan pada saat refreshing untuk fungsi multimedia dan juga gaming. Komputer itu sendiri yang umum digunakan ada dua macam, yaitu Personal Computer (PC) dan notebook (Laptop). Kekurangan notebook apabila dibandingkan dengan PC adalah pada harganya yang mahal, dan spesifikasi dari komponen – komponen penyusunnya yang sudah ditetapkan dari produsen, jadi konsumen tidak dapat menentukan spesifikasi komponen yang dipasang dalam notebook tersebut.
Dengan menggunakan metode Conjoint Analysis, peneliti berusaha menentukan preferensi konsumen terhadap sebuah notebook berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya. Preferensi konsumen inilah yang dijadikan panduan dalam merancang sebuah notebook baru sekarang ini. Analisis Conjoint yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis conjoint tradisional, dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 10. Sedangkan metode presentasi yang digunakan adalah metode full – profile. Hasil penelitian ini adalah preferensi konsumen untuk sebuah notebook dengan processor AMD Sempron 2800+, memory 512 MB, harddisk 60 GB, VGA ATI M Radeon 9000 128 MB, baterai 4 jam, sistem operasi Windows XP Home Edition, dan dengan harga berkisar antara Rp 8.760.000,- – Rp 9.500.000,-.

Sekarang ini, kebutuhan seorang mahasiswa akan komputer sudah tidak dapat disangkal lagi. Komputer ini dapat berfungsi sebagai sarana penunjang pendidikan dan dapat pula sebagai sarana hiburan. Sebagai sarana pendidikan seperti untuk pembuatan tugas – tugas kuliah dan praktikum, sedangkan sebagai sarana hiburan pada saat refreshing untuk fungsi multimedia dan juga gaming. Komputer itu sendiri yang umum digunakan ada dua macam, yaitu Personal Computer (PC) dan notebook (Laptop). Sedangkan untuk fungsi – fungsi dasarnya tidak ada perbedaan. Keunggulan daripada notebook adalah pada kemampuannya untuk dapat memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa yang sering bepergian (mobile), karena sifatnya yang mudah dibawa – bawa, sedangkan kekurangan notebook apabila dibandingkan dengan PC adalah pada harganya yang mahal, dan spesifikasi dari komponen – komponen penyusunnya yang sudah ditetapkan dari produsen, jadi konsumen tidak dapat menentukan spesifikasi komponen yang dipasang dalam notebook tersebut. Karena kekurangan ini, maka pada pembelian sebuah notebook, konsumen hanya dapat memilih notebook dengan spesifikasi yang paling mendekati spesifikasi keinginannya.
Dalam penjualan sebuah notebook, selain penjual, konsumen juga memegang peranan yang sangat penting. Karena selain penjual yang dapat meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah notebook, maka pada akhirnya konsumen jugalah yang memutuskan untuk membelinya. Maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendapat konsumen tentang notebook sebagai objek penelitian.
Dengan menggunakan metode Conjoint Analysis, peneliti berusaha menentukan preferensi konsumen terhadap sebuah notebook berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya. Preferensi konsumen inilah yang dijadikan panduan dalam merancang sebuah notebook baru sekarang ini.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: