Beranda > Skripsi Industri > PENENTUAN SISTEM DISTRIBUSI DAN TRANSPORTASI DI PT XYZ AREA JAWA TIMUR

PENENTUAN SISTEM DISTRIBUSI DAN TRANSPORTASI DI PT XYZ AREA JAWA TIMUR

Januari 10, 2010

PT. “XYZ” yang berlokasi di Surabaya merupakan salah satu distributor perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan: perekat ubin, pengisi nat, bahan pembuat kedap air, berbagai bahan tambahan dan produk spesial untuk industry bangunan. PT “XYZ” area Jawa Timur biasanya melakukan pemesanan barang pada kantor pusat di Jakarta 2 – 3 kali dalam sebulan. Satu minggu kemudian barang yang dipesan akan dikirim ke PT “XYZ” di Surabaya. Jumlah produk yang dipesan perusahaan selama ini hanya berdasarkan perhitungan rata-rata dari penjualan periode lalu, akibat dari perusahaan yang selalu ingin mencegah terjadinya kekurangan stok maka perusahaan selalu memesan barang dalam jumlah yang berlebih, sehingga menyebabkan inventory yang berlebih di dalam gudang. Selama ini rute pengiriman barang ditentukan oleh sopir sehingga perusahaan menganggap rute pengiriman barang yang ada sekarang ini masih kurang optimal, yang menyebabkan biaya pengiriman menjadi besar dan waktu pengiriman menjadi lebih lama.
Untuk melakukan perencanaan persediaan, maka dihitung total biaya persediaan metode perusahaan periode Januari – Desember 2003 dengan metode FOI untuk memilih metode terbaik yang akan digunakan untuk perencanaan persediaan. Metode yang digunakan adalah metode yang mempunyai total biaya persediaan yang lebih kecil, dalam permasalahan ini, metode FOI mempunyai total biaya yang lebih kecil.

PT. “XYZ” berlokasi di Surabaya merupakan salah satu distributor perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan perekat ubin, pengisi nat, bahan pembuat kedap air, berbagai bahan tambahan dan produk spesial untuk industri bangunan.
PT “XYZ” area Jawa Timur biasanya melakukan pemesanan barang pada kantor pusat di Jakarta 2 – 3 kali dalam sebulan. Satu minggu kemudian barang yang dipesan akan dikirim ke PT “XYZ” di Surabaya. Jumlah produk yang dipesan perusahaan selama ini hanya berdasarkan perhitungan rata-rata dari penjualan periode lalu, akibat dari perusahaan yang selalu ingin mencegah terjadinya kekurangan stok maka perusahaan selalu memesan barang dalam jumlah yang berlebih, sehingga menyebabkan inventory yang berlebih di dalam gudang.
Biasanya PT. “XYZ” menerima order melalui telepon atau sales. Pendistribusian produknya ke toko dan proyek. PT “XYZ” area Jawa timur mempunyai dua macam cara pengiriman barang ke konsumen. Konsumen dalam kota menggunakan armada sendiri dan luar kota Surabaya menggunakan jasa ekspedisi. Untuk pengiriman dalam kota menggunakan 2 jenis armada yaitu Mitsubishi Colt kapasitas 1,5 ton dan Toyota Dyna kapasitas 3 ton. Waktu keberangkatan armada dibagi menjadi 2 yaitu armada pagi dan armada siang. Armada pagi mengangkut order untuk wilayah Surabaya Timur, Pusat dan Barat sedangkan armada siang mengangkut order untuk wilayah Surabaya Utara, Pusat dan Selatan.
Selama ini rute pengiriman barang ditentukan oleh sopir sehingga perusahaan menganggap rute pengiriman barang yang ada sekarang ini masih kurang optimal, yang menyebabkan biaya pengiriman menjadi besar dan waktu pengiriman menjadi lebih lama.

Iklan
Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: