Beranda > Skripsi Industri > proses produksi kaleng khonguan

proses produksi kaleng khonguan

Januari 10, 2010

Departemen General Can adalah departemen di United Can yang memproduksi kaleng-kaleng 3 piece yang dibuat secara manual maupun semi otomatis. Produk-produk yang dihasilkan sangat beragam, baik dari segi ukuran maupun jenisnya sehingga terdapat banyak line produksi yang berbeda-beda. Dan disini akan dikemukakan bagiamana cara pruduksi kaleng khonguan.

Pendidikan yang dilakukan oleh mahasiswa di Puslatek selama tiga tahun dirasakan terlalu kurang untuk menjadi seorang ahli kaleng. Pembelajaran secara teoritis serta didukung oleh pengalaman kerja di lapangan adalah sangat penting dilakukan untuk membentuk sebuah pola pikir teknik yang bermutu. Maka dari itu hal tersebut menjadi salah satu dasar mengapa praktek industri ini perlu diadakan dalam rangka pengembangan wawasan mahasiswa dalam dunia teknik, terutama dalam teknik pengalengan.

Praktek Industri ini juga bertujuan untuk mempersiapkan ahli madya yang terbaik dan tangguh. Dalam hal ini, ahli madya yang terbaik karena mempunyai mutu yang baik dan wawasan yang luas, sedangkan ahli madya yang tangguh karena mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dihadapi. Maka dari itu mahasiswa Puslatek harus memiliki pengetahuan yang sesuai dengan bidang keahlian yang disandangnya. Pencapaian keberhasilan dari lulusan Puslatek bukan ditentukan dari indeks prestasinya saja, melainkan juga pada kemampuan menyerap ilmu dan mengaplikasikannya di lapangan.

Departemen General Can Assembly sebagai lokasi praktek industri I sangat mendukung proses pembelajaran ini. Dipilihnya departemen ini juga didasari dengan pertimbangan bahwa proses pembuatan kaleng secara utuh dari awal sampai akhir dapat dijumpai di departemen ini. Alasan lain adalah mesin-mesin yang digunakan di departemen General Can sangat beragam, baik dari manual sampai otomatis. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami cara kerja mesin – mesin tersebut secara urut. Selain itu pengenalan dunia kerja yang sebenarnya secara langsung, memungkinkan mahasiswa untuk saling berinteraksi dengan karyawan departemen yang secara tidak langsung menjadi “guru” yang menambah wawasan tentang industri ini. Penerapan sikap kerja yang baik dan benar serta pengaplikasian pendidikan Can Making juga dilakukan pada praktek industri I ini.

Dalam rangka realisasi tujuan – tujuan di atas, maka praktek industri I ini diadakan, bertempat di Departemen General Can khususnya pada line produksi. Selain itu praktek industri I ini bertujuan sebagai tahap pemahaman awal dalam proses produksi kaleng itu sendiri, karena mesin yang digunakan masih relatif sederhana dan mudah dipahami sebelum menginjak ke tahap berikutnya yang tentunya lebih rumit dan menggunakan teknologi yang lebih tinggi.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: