Beranda > Skripsi Industri > USULAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT SARI ENESIS INDAH

USULAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT SARI ENESIS INDAH

Januari 10, 2010

Kualitas disadari oleh perusahaan sebagai salah satu faktor penting dalam kemajuan bisnis perusahaan. Untuk itu, penulis merasa perlu untuk mengusulkan suatu metode untuk peningkatan kualitas, yaitu metode Six Sigma, beserta aplikasi sistem informasi manajemen untuk pelaksanaan analisis Six Sigma secara efisien.
Pelaksanaan metode Six Sigma dilakukan melalui tahapan DMAIC (Define – Measure – Analyze – Improve – Control). Berdasarkan pengamatan dan perhitungan yang dilakukan, fokus pelaksanaan proyek Six Sigma adalah terhadap jenis cacat kempes dan cacat isi kurang pada produk Adem Sari yang disebabkan proses filling. Pemecahan masalah tersebut dilakukan secara manajemen dan metode Taguchi dan menghasilkan peningkatan kualitas pada indikator nilai Cp dari 0,74 menjadi 0,84 serta penurunan pada nilai COPQ dari Rp 300.334.950 menjadi Rp 61.941.600. Penurunan juga terjadi pada nilai DPMO dari 6628,14 menjadi 2835,87; sehingga tingkat sigma meningkat dari 3,98 menjadi 4,27.
Pengembangan sistem informasi manajemen (SIM) untuk program peningkatan kualitas dengan metode Six Sigma ini dibuat berdasarkan penyesuaian terhadap keadaan pada perusahaan. Pengembangan sistem informasi untuk Six Sigma ini dikembangkan dengan berbasiskan object (object oriented).

Dunia industri di Indonesia saat ini sarat dengan persaingan yang menuju ke arah persaingan global, terutama persaingan dalam menghadapi perdagangan bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area – AFTA) pada tahun 2008 mendatang. Para pelaku bisnis semakin berupaya merencanakan strategi yang bertujuan agar bisnis yang sedang berjalan dapat bertahan dan bahkan menjadi maju dalam kancah persaingan global tersebut.
Salah satu strategi penting yang semakin menjadi perhatian dalam dunia industri adalah kualitas. Kualitas disadari sebagai alat yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap suatu produk dan kemudian akan berpengaruh pada kesetiaan pelanggan terhadap produk tersebut, serta berdampak pula pada kelanjutan dan kemajuan usaha bisnis yang bersangkutan. Kemajuan usaha bisnis yang dapat diperoleh bahkan dapat meningkatkan market share produk tersebut.
Peningkatan kualitas produk mempunyai tujuan untuk meminimasi jumlah produk cacat atau defect. Dengan berkurangnya jumlah produk cacat, maka biaya penanganan terhadap produk cacat pun dapat diminimasi serta dapat meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya meningkatkan profit bagi perusahaan.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pencapaian karakteristik kualitas produk sangatlah sulit dilakukan secara konstan. Karena itulah, peningkatan kualitas produk secara terus menerus (continuous improvement) perlu untuk dilakukan oleh para pelaku bisnis yang berdinamika dalam dunia industri. Salah satu metode untuk peningkatan kualitas adalah Six Sigma.
Demikian pula halnya dengan PT Sari Enesis Indah sebagai salah satu perusahaan dalam dunia industri manufaktur di Indonesia. PT Sari Enesis Indah yang dikenal juga dengan nama Enesis Group bergerak di bidang industri farmasi. Produk-produk yang dihasilkan oleh Enesis Group ini termasuk ke dalam kategori produk obat dan makanan di mana kualitas menjadi sangat penting bagi konsumen atau pengguna akhir selain bagi perusahaan.
Visi perusahaan adalah menjadi perusahaan yang berkembang pesat untuk mencapai posisi leader dalam produk consumer goods melalui inovasi, perkembangan yang berkelanjutan dan mempunyai pandangan yang jauh ke masa depan. Untuk mendukung visinya, perusahaan membentuk misi untuk berkomitmen dalam mengembangkan, memproduksi dan memasarkan produk consumer goods yang unik dan berkembang dengan pesat serta menjadi merk dengan status pemimpin (leader) dalam wilayah regional. Dengan demikian, peningkatan kualitas yang merupakan kunci sukses bisnis telah menjadi agenda penting bagi PT Sari Enesis Indah, sebagai terjemahan dari visi dan misi perusahaan tersebut.

Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: