Beranda > Skripsi Industri > USULAN POLA PEMOTONGAN BAHAN BAKU LEMBARAN KAIN UNTUK KOMPONEN SADDLE DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAMA LINIER BILANGAN BULAT

USULAN POLA PEMOTONGAN BAHAN BAKU LEMBARAN KAIN UNTUK KOMPONEN SADDLE DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAMA LINIER BILANGAN BULAT

Januari 10, 2010

PT.Panarub Industry merupakan salah satu pabrik sepatu di Indonesia yang memproduksi sepatu bermerk internasional, ADIDAS, memiliki persaingan yang cukup ketat. Oleh karena itu, PT.Panarub harus mampu mempertahankan keberadaan mereka dalam segi kualitas, desain, maupun harga. Permasalahan yang menjadi fokus utama dari pabrik saat ini adalah kelebihan persediaan bahan baku yang berakibat pada penumpukan bahan baku yang mengandung nilai nominal yang sangat besar.
Untuk menyelesaikan permasalahan ini, PT.Panarub Industry harus memiliki perencanaan bahan baku yang lebih tepat sehingga dapat meminimasi kelebihan persediaan bahan baku di gudang. Dalam hal ini, salah satu cara yang dilakukan adalah meminimasi sisa buang dari pemotongan bahan baku kain yang dipakai.
Langkah awal yang perlu dilakukan untuk tercapainya tujuan tersebut adalah memiliki ragam kombinasi pola pemotongan yang baik dari kelima jenis ukuran komponen saddle. Dalam penelitian tugas akhir ini, untuk mendapatkan ragam kombinasi pola pemotongan dilakukan dengan bantuan software Delphi 7.0.Dari hasil software tersebut diperoleh 495 kombinasi pola pemotongan dan yang terpilih adalah pola kombinasi dengan efisiensi di atas efisiensi pabrik sebesar 72.1%, yaitu 75 kombinasi pola pemotongan yang terpilih. Kemudian untuk mendapatkan minimasi sisa buang dilakukan dengan formulasi model Integer Linier Programming.
Dari hasil pengolahan dalam penelitian tugas akhir ini, diperoleh sisa buang minimumnya sebesar 108154 cm2 dan total kain yang dibutuhkan adalah 769500 cm2. Jadi persentase sisa buangnya adalah sebesar 14.06 %. Hal ini menunjukkan adanya penurunan persentase sisa buang sebesar 49.61 % daripada persentase sisa buang perusahaan saat ini, yakni sebesar 27.91 %.

Di zaman era globalisasi ini, perkembangan industri sangat pesat. Oleh karena itu, setiap pabrik harus mampu bersaing dalam mempertahankan industri mereka. Dalam hal ini banyak faktor yang perlu diperhatikan, di antaranya faktor kualitas dan faktor ekonomi. Hal ini juga dapat dilihat pada industri sepatu di tanah air. Sepatu menjadi produk yang sangat digemari di kalangan masyarakat Indonesia, karena itu setiap pabrik sepatu bersaing menciptakan produk yang bermutu dan menarik konsumen.
Dalam memproduksi sepatu, kualitas, desain, dan harga merupakan beberapa faktor yang perlu diperhatikan terutama bagi pabrik yang memproduksi sepatu-sepatu bermerk internasional. Demikan halnya PT.Panarub Industry. PT. Panarub Industry merupakan salah satu pabrik di Indonesia yang dipilih oleh ADIDAS untuk memproduksi sepatu jenis Football / Soccer. Sebagai pabrik sepatu yang memproduksi sepatu yang berdaya saing internasional, PT.Panarub Industry dituntut untuk memproduksi sesuai standard internasional, baik dari segi kualitas, desain, dan harga.
PT.Panarub Industry dalam memproduksi sepatu selalu sesuai dengan pesanan ADIDAS, yaitu jumlah produksi, desain, kualitas, supplier, dan harga. Dengan kata lain, ADIDAS memegang hak penuh dalam produksi PT.Panarub Industry. Dalam memproduksi sepatu, ada tenggat waktu yang harus dipenuhi, karena itu pabrik harus memiliki perencanaan yang matang, mulai dari pemesanan bahan baku ke supplier, banyaknya pemesanan, waktu kedatangan bahan baku di pabrik, jadwal produksi, dan biaya yang dikeluarkan.

Iklan
Kategori:Skripsi Industri
%d blogger menyukai ini: